Sabtu, 20 April 2024

Rupiah Akhir Pekan Menguat, Dipicu Ekspektasi Pelonggaran Covid China

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, Kurs Rupiah menguat. Grafis: suarasurabaya.net

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta jelang akhir pekan naik di tengah ekspektasi pelonggaran kebijakan pengendalian Covid-19 di China.

Rupiah ditutup menguat 38 poin atau 0,24 persen ke posisi Rp15.583 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.621 per dolar AS.

“Rupiah menguat oleh melemahnya dolar AS dan sentimen risk-on yang dipicu oleh harapan pelonggaran pengetatan Covid-19 di China,” kata Lukman Leong Analis DCFX Futures seperti dilaporkan Antara, Jumat (9/12/2022).

Li Keqiang Perdana Menteri China mengatakan bahwa pergeseran China dalam kebijakan Covid-19 akan memungkinkan ekonomi negara tersebut meningkat. Hal itu disampaikan Keqiang sehari setelah pertemuan partai tingkat atas berjanji untuk fokus pada stabilisasi pertumbuhan sambil mengoptimalkan langkah-langkah pandemi.

Dari domestik, pertumbuhan penjualan eceran secara bulanan mengalami peningkatan dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh sebesar 2,3 persen (mtm) pada Oktober 2022, membaik dari bulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 1,8 persen (mtm).

Perbaikan terjadi pada seluruh kelompok, didukung membaiknya kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang didorong kelancaran distribusi, diikuti subkelompok sandang yang didorong oleh program diskon yang diterapkan sejumlah ritel, serta kelompok suku cadang dan aksesori sejalan dengan berkurangnya kontraksi.

Sementara secara tahunan, kinerja penjualan eceran juga tercatat tumbuh positif yang tercermin dari IPR Oktober 2022 sebesar 202,7, atau tumbuh positif sebesar 3,7 persen (yoy), ditopang perbaikan pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, di tengah penurunan kinerja kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya dan suku cadang dan aksesoris, serta perlambatan subkelompok sandang dan bahan bakar kendaraan bermotor.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp15.580 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp15.577 per dolar AS hingga Rp15.596 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat menguat ke posisi Rp15.587 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp15.624 per dolar AS.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs