Kamis, 28 Maret 2024

Rupiah Awal Pekan Melemah di Tengah Ketegangan Rusia-Ukraina

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi Rupiah melemah. Grafis: suarasurabaya.net

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta di awal pekan ini, Senin (21/2/2022), melemah di tengah ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Rupiah bergerak melemah 16 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp14.343 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.327 per dolar AS.

“Banyak isu yang perlu diperhatikan untuk pergerakan rupiah ini. Di antaranya USD terkait ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina, di mana AS terlibat menengahi ketegangan itu,” kata Nikolas Prasetia analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dikutip Antara.

Rusia meningkatkan taruhannya dalam permainan diplomatik berisiko tinggi dengan memperluas latihan militer di Belarus. Sementara itu, citra satelit dari Maxar menunjukkan beberapa pengerahan kendaraan lapis baja dan pasukan baru di dekat perbatasan Ukraina.

Menurut Nikolas, hal-hal terkait geopolitik itu terlihat menyumbangkan fluktuasi terhadap pergerakan dolar.

“Selain itu, fokus pasar USD juga terlihat masih memperhatikan kepastian keputusan The Fed soal perubahan suku bunga pada pertemuan Maret. Apakah akan lebih agresif dari perkiraan atau tidak?” Ujar Nikolas.

Sementara itu, dari dalam negeri, jumlah kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air sampai Minggu (20/2/2022) kemarin mencapai 48.484 kasus, sehingga total kasus mencapai 5,2 juta. Khusus untuk kasus positif Varian Omicron pun mencapai 6.257 kasus.

“Pelaku pasar terlihat menunggu perkembangan terkait level dan kelanjutan PPKM, karena periode PPKM Selasa 15 Februari lalu akan berakhir hari ini, sementara tingkat penyebaran COVID-19 di Indonesia masih tinggi,” kata Nikolas.

Nikolas memperkirakan, rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.280 per dolar AS hingga Rp14.400 per dolar AS.

Sekadar mengingatkan, Jumat (18/2/2022) lalu, rupiah ditutup melemah tipis 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp14.327 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.326 per dolar AS.(ant/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs