Selasa, 30 April 2024

Terusan Suez di Mesir Akan Naikkan Tarif Transit pada 2023

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Terusan Suez. Foto: Antara/Xinhua

Tarif transit di Terusan Suez akan dinaikkan sebesar 15 persen untuk semua jenis kapal dan 10 persen untuk muatan curah kering (dry bulk) dan kapal pesiar mulai tahun depan, demikian diumumkan oleh Otoritas Terusan Suez (Suez Canal Authority/SCA) dalam pernyataannya pada Sabtu (17/9/2022).

SCA mengatakan bahwa kenaikan harga energi, tarif pengiriman, dan tarif sewa harian untuk kapal, yang diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan, merupakan alasan utama di balik kenaikan tarif transit di sepanjang terusan penting yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah itu.

“Kenaikan (tarif) tidak dapat dihindari dan diperlukan mengingat inflasi global saat ini, yang menyebabkan peningkatan biaya operasional dan tarif layanan navigasi yang disediakan di terusan itu,” kata Ossama Rabiee Chairman SCA dalam pernyataan yang dikutip Antara, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan bahwa SCA menyesuaikan tarif tersebut dengan mekanisme yang jelas dan menyertakan perubahan di pasar transportasi maritim.

Dia juga mengatakan bahwa terusan itu masih menjadi rute yang paling efisien dan paling murah dibanding rute alternatif lainnya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs