Kamis, 25 April 2024

Teten: Program Solusi Nelayan Agar BBM Subsidi Tepat Sasaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM memberi sambutan dalam Peresmian Inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2022). Foto: Antara

Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM mengatakan Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan, ditujukan agar penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi khusus nelayan dapat tepat sasaran.

“Nah, kenapa saya dan Erick (Menteri BUMN) ditugaskan oleh Pak Presiden RI (Joko Widodo) untuk mencari solusi untuk nelayan, yaitu bagaimana menyalurkan BBM jenis Solar bersubsidi untuk para nelayan,” katanya di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (17/9/2022) Antara.

Teten mengatakan hal tersebut saat memberi sambutan dalam Peresmian Inisiasi Program Solusi Nelayan di salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum nelayan (SPBUN), yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo, Cilacap.

Acara tersebut juga dihadiri Erick Thohir Menteri BUMN, Nicke Widyawati Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Adisatrya Suryo Sulisto anggota Komisi VI DPR RI, dan sejumlah pejabat lainnya.

Lebih lanjut, Teten mengatakan berdasarkan data yang dipelajari, 60 persen biaya produksi yang harus dikeluarkan nelayan adalah untuk BBM. Dengan demikian, ketika ada kenaikan harga BBM pasti berdampak terhadap penurunan pendapatan nelayan.

Oleh karena itu, Program Solusi Nelayan tersebut diupayakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian BUMN, supaya nelayan tetap bisa melaut dan mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya.

“Dan koperasi nelayan, ini bisa jadi juga partner bagi Menteri BUMN dan Pertamina untuk menyalurkan Solar tadi, BBM tadi. Insyaallah kita amanah ya, supaya nanti BBM bersubsidi ini betul-betul tepat untuk para nelayan,” tegas Menkop UKM. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs