Jumat, 26 April 2024

Tingkatkan Digital Marketing UMKM Wayang, Universitas Ciputra Berikan Pelatihan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Pelatihan foto produk dari Universitas Ciputra kepada UMKM Aan Art. Foto: Universitas Ciputra

Universitas Ciputra (UC) melakukan pengabdian masyarakat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur tepatnya pada Desa Galengdowo, Wonosalam pada Senin (22/8/2022).

Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu salah satu UMKM agar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang saat ini memerlukan digital marketing untuk dapat menembus pasar perdagangan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan foto produk dan pembuatan akun Instagram untuk UMKM. Adapun UMKM yang di tuju adalah UMKM Wayang Kulit, salah satunya yaitu UMKM Aan Art.

Alat-alat yang digunakan pada pelatihan foto produk ini menyesuaikan dengan alat yang dimiliki masyarakat yaitu dengan menggunakan smartphone yang dimiliki pemilik UMKM, serta menggunakan pencahayaan yang alami yaitu sinar matahari di siang hari.

Pelatihan ini mendapat respon yang baik dari Aan sebagai pemilik UMKM. Pelatihan ini dapat memudahkan dirinya untuk mengambil gambar yang baik secara general maupun secara detail agar dapat menarik konsumen.

Adanya pelatihan foto produk ini, diharapkan UMKM tersebut bisa mendapatkan pasar yang lebih luas lagi, karena pada dasarnya media sosial khususnya Instagram dapat diakses oleh semua orang.

Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatnya awarnes masyarakat untuk melirik dan melihat adanya produk wayang yang berkualitas baik dan memajukan UMKM dengan pemanfaatan teknologi.

Selain pelatihan foto dan Instagram mahasiswa Universitas Ciputra juga mengajarkan untuk pembuatan katalog produk.

Sekarang, mekanisme penjualan produk dan katalog ini telah dapat diakses pada Instagram @umkmaanart.

“Kami semua di sini berharap agar pelatihan ini dapat terus dijalankan dan dilakukan agar kedepannya dapat UMKM Aan Art dapat dikenal hingga kemanca negara berkat penggunaan sosial media,” ujar Laurentia Yuke salah satu mahasiswa Universitas Ciputra. (gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs