Jumat, 29 Maret 2024

Tingkatkan Kepedulian Generasi Muda, Kemenkeu Gelar Olimpiade APBN 2022

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, dalam konferensi pers Tindak Lanjut Hasil Rakor Kemenko Perekonomian terkait kebijakan Subsidi BBM di Jakarta, Jumat (26/8/2022). Foto: Antara

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) sangat mengapresiasi penyelenggaraan Olimpiade APBN Tahun 2022. Kegiatan ini merupakan satu di antara upaya Kementerian Keuangan untuk meningkatkan kepedulian generasi muda Indonesia terhadap sebuah instrumen yang berperan penting bagi bangsa Indonesia yakni APBN.

“Ini adalah upaya kita untuk terus mengedukasi, mensosialisasi, dan mengenalkan APBN kepada masyarakat. Kenapa ini penting? Karena ini adalah bagian dari cara kita menunjukkan kepedulian terhadap negara kita sendiri,” ujar Sri Mulyani saat menyampaikan arahannya pada Pembukaan Olimpiade APBN 2022 secara daring, Minggu (25/9/2022).

Sekadar diketahui, kegiatan Olimpiade APBN kali ini diikuti oleh siswa SMA dan Perguruan Tinggi. Tercatat, 3.987 Tim yang terverifikasi dari total pendaftar sebanyak 4.177 Tim, di antaranya terdapat lima tim yang berada di luar negeri. Jumlah ini naik dari tahun 2019 yang hanya diikuti oleh 1.400 Tim.

“Jadi kenaikan yang luar biasa, minat dari generasi terutama anak-anak SMA untuk ikut Olimpiade APBN,” tegas Menkeu.

Menurut Sri Mulyani, Olimpiade APBN Tahun 2022 bahkan mendapatkan perhatian dari dunia internasional. Kata dia, UNICEF Indonesia melihat bahwa Olimpiade ini memberikan dampak yang positif sehingga mereka mengikuti dan berpartisipasi di dalam pelaksanaan Olimpiade APBN Tahun 2022 ini.

“Ini adalah sesuatu hal yang sangat bagus karena yang tadinya merupakan inisiatif dari Kementerian Keuangan, kita kelola dan kita juga terus melakukan sosialisasi edukasi secara sangat meluas dan partisipasi dan minat dari anak-anak muda menjadi luar biasa sangat tinggi,” jelasnya.

Selain dapat mengenal APBN secara jauh lebih detail mengenai komponen keuangan negara, lanjut Menkeu, melalui Olimpiade APBN juga menjadi wadah generasi muda untuk menjadi generasi yang peduli negeri. Peduli negeri dengan cara mempelajari sebuah instrumen APBN untuk memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi diri sendiri dan pada saat yang sama memperbaiki Indonesia.

“Saya harap kalian juga menikmati proses ini sebagai sesuatu yang bisa membuat kalian memiliki tambahan ilmu tapi juga pengalaman. Kalian adalah generasi yang kita semuanya meletakkan harapan untuk meneruskan cita-cita menuju Indonesia ke depan, generasi peduli negeri,” pungkas Menkeu.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs