Jumat, 29 Maret 2024

UMKM Binaan PT SIER Tuai Berkah di Jatim Fair 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Diah Wahyurini, pemilik Velista Craft yang turut mengikuti pameran Jatim Fair 2022. Foto: Istimewa.

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) ikut memeriahkan pameran Jatim Fair 2022, dengan mengajak empat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) binaannya untuk ikut pameran terbesar di Indonesia Timur tersebut, yakni Velista Craft, Camilla Batik, Churros New Normal dan Irma’s Cakery.

Mitra Binaan TJSL PT. SIER. Foto: Istimewa.

Diah Wahyurini, pemilik Velista Craft, mengaku sangat senang diajak pameran di Jatim Fair 2022 yang diselenggarakan di Grand City Surabaya. Selama pameran dia menuai berkah karena selain bisa menjual langsung produknya, pameran ini juga dimanfaatkan untuk mengenalkan dan mempromosikan usaha kerajinan miliknya.

Menurut Diah, sejak menjadi binaan SIER pada 2021 lalu, usaha kerajinan meningkat pesat. Selain ikut pameran Jatim Fair, dia juga pernah diajak ikut pameran dalam acara Misi Dagang Provinsi Jatim di Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah sejak menjadi UMKM binaan PT SIER, usaha kerajinan saya semakin berkembang. Beberapa waktu lalu, saya dapat orderan dari TNI AL untuk membuat suvenir kalung sebanyak 125 buah. Total nilainya mencapai Rp17 juta lebih. Selain itu juga ada orderan-orderan lainnya. Semua itu berkat pameran-pameran yang diajak SIER,” tuturnya.

Ia juga diajak oleh SIER untuk mengikuti pelatihan jualan secara online di marketplace. Menjual produk secara online ini, menurutnya sangat penting di era kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat ini.

“Selama dua hari, kami diajari bagaimana menjual produk kerajinan di Shopee. Sekarang saya sudah tahu bagaimana caranya. Terima kasih SIER karena telah begitu perhatian kepada UMKM yang baru saya rintis sejak 2018 lalu ini,” ungkap Diah.

Ia berharap, perhatian SIER tidak berhenti setelah usaha kerajinannya berkembang. Dia berharap akan terus dibina dan diajak ikut pameran, baik di Jawa Timur atau luar provinsi.

“Kami juga menerima bantuan modal dari SIER. Sekarang omset alhamdulillah bisa mencapai Rp4 hingga Rp5 juta per bulan, di luar ketika ada orderan,” tandasnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Diana Maulita, pemilik Camilla Batik, yang juga diajak SIER ikut pameran di Jatim Fair 2022. Pameran kali ini, yang kedua kalinya diikuti Diana, setelah pada Jatim Fair 2021 juga diajak SIER untuk pameran.

Diana Maulita, pemilik Camilla Batik turut ikut Pameran Jatim Fair 2022. Foto: Istimewa.

“Usaha batik saya sempat mengalami kelesuan saat pandemi Covid-19. Namun setelah jadi UMKM binaan SIER pada 2021, sekarang mulai berangsur-angsur membaik. Sudah beberapa kali diajak SIER untuk pameran,” kata Diana.

Menurutnya, setelah pameran ia selalu menjalin komunikasi dengan para pelanggan. Jadi tidak berhenti setelah pameran selesai, namun selalu ada komunikasi yang dijalin.

“Seperti saat ikut pameran Jatim Fair ini, saya hubungi customer, saya beritahu jika saya ikut pameran, atau saya memiliki produk baru. Semakin sering pameran, itu artinya saya memiliki semakin banyak pelanggan,” ujarnya.

Selama pameran ini, baju batik yang paling laku adalah model baju batik untuk kerja.

“Pada Jatim Fair 2021 lalu, omset saya bisa mencapai Rp10 juta lebih selama pameran berlangsung. Saya berharap selalu diajak pameran karena manfaatnya sangat besar untuk perkembangan usaha batik saya,” ungkapnya.

Sementara itu, Puspita Ernawati Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT SIER mengatakan, perusahaannya memang memiliki sejumlah UMKM binaan. Setiap ada kesempatan, SIER selalu mengajak UMKM tersebut untuk mengikuti pameran. Baik skala regional maupun nasional.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk ikut membesarkan dan mengembangkan UMKM yang ada di Jawa Timur. Selain mengajak mereka untuk pameran sebagai wadah untuk promosi, juga melakukan pelatihan kepada mereka untuk mengembangkan UMKM-nya. Termasuk melatih mereka untuk memasarkan produknya secara online,” tandasnya.(rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs