Rabu, 17 Juli 2024

ASDP Layani 23,1 Juta Penumpang dan Catat Laba Rp311 Miliar di Semester I Tahun 2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kapal ASDP Indonesia Ferry yang saat ini difokuskan untuk melayani pengangkutan logistik. Foto : ASDP

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat telah melayani 23,1 juta penumpang, 4,38 juta kendaraan, dan 867.856 ton pengiriman barang di seluruh Indonesia selama semester I tahun 2023.

Ira Puspadewi  Direktur Utama ASDP mengatakan manajemen optimis bahwa bisnis penyeberangan bertumbuh baik hingga akhir 2023 dan ASDP konsisten terus menghadirkan layanan prima, khususnya bagi sektor logistik yang menjadi penopang kinerja perusahaan.

“Laju bisnis berjalan baik, di mana semester I-2023 mencatat performa kinerja yang baik, total produksi kendaraan pada semester I-2023 mengalami kenaikan sebesar 6 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Ira melansir Antara, Minggu (17/9/2023).

Pada periode Januari-Juni 2023, ASDP membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp2,36 triliun atau meningkat 16 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dan mencetak laba sebesar Rp311 miliar.

Adapun, untuk produksi pelabuhan pada 2023 ini, ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 51 juta orang, kendaraan roda dua dan tiga sebanyak 6,5 juta unit, kendaraan roda empat sebanyak 6,6 juta unit, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton.

“Dan untuk tahun 2023 ini, ASDP membidik total pendapatan sebesar Rp5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp700 miliar,” kata Ira.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan manajemen terus berupaya untuk menjaga stabilitas bisnis pascacovid-19 dengan melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit. Dari internal, yaitu pembenahan operasional dan perbaikan bisnis proses yang makin efektif dan efisien.

Selain itu, kata Ira, digitalisasi layanan secara berkelanjutan yang dijalankan ASDP mampu meningkatkan produksi pengguna jasa. Menurutnya, ada tiga pencapaian manajemen yang telah dilalui ASDP dalam kurun waktu empat tahun belakangan ini.

Pertama, perkembangan infrastruktur yang semakin mengedepankan kenyamanan pelanggan. Hal tersebut bisa terlihat dari pengembangan Pelabuhan Merak dan Bakauheni, di mana pengguna jasa di terminal eksekutif semakin nyaman dengan adanya access bridge penghubung terminal eksekutif dan regular.

“Kedua, ASDP terus mengakselerasi online ticketing di seluruh cabang layanan. Jika saat ini layanan online ticketing (aplikasi) Ferizy baru berlaku di empat pelabuhan utama, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk, manajemen terus melakukan perluasan digitalisasi tiket online berbasis website trip.ferizy.com yang dinilai berperan sangat penting untuk menjamin kelancaran pelayanan dan keakuratan data manifest,” ujar Ira.

Selanjutnya ketiga, manajemen terus meningkatkan kualitas pelayanan.

“ASDP selalu melakukan evaluasi berjangka untuk memastikan aspirasi pelanggan dapat terpenuhi. Tentu saja dengan memastikan aspirasi ini untuk kebaikan bersama,” katanya.(ant/wld/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
23o
Kurs