Minggu, 28 April 2024

BI Jatim Catat Transaksi Rp3,03 Miliar Selama Festival Ekonomi Syariah 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Rizki Ernadi Wimanda Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim. Foto: BI Jatim

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur mencatat, total transaksi selama gelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2023 mencapai Rp3,03 Miliar.

“Ini laporan selama pelaksanaan kegiatan Fesyar Jawa yang diselenggarakan selama tiga hari, 29 September hingga 1 Oktober,” ucap Rizki Ernadi Wimanda Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, dalam keterangan yang diterima pada Selasa (3/10/2023).

Dalam berlangsungnya festival tersebut, BI Jatim melibatkan 200 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara online dan 150 UMKM secara offline.

“Transaksi penjualan produk UMKM Fesyar Jawa tahun ini mencapai Rp944,66 juta,” ungkapnya

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa sebanyak 51 sesi Business Matching juga telah dilakukan, baik secara offline maupun online.

Bisnis Matching tersebut melibatkan lembaga pembiayaan, yakni delapan perbankan syariah, lima belas lembaga Zakat Infaq dan Wakaf (Ziswaf), satu fintech syariah, e- commerce, dan potential buyer baik di dalam maupun di luar negeri.

Sementara untuk pengunjung secara keseluruhan, mulai dari yang hadir secara langsung, termasuk jemaah tabligh akbar, hingga yang ikut secara online melalui media sosial dan website, mencapai 163.940 orang.

Festival tersebut sebagai upaya BI Jatim untuk memperkuat sinergi ekonomi dan keuangan syariah, melalui industri halal hingga halal lifestyle.

“Semoga pelaksanaan Fesyar Jawa dapat terus mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat regional sehingga mampu menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs