Selasa, 19 Maret 2024

Brand Otomotif Kejar Penjualan Menjelang Momen Mudik Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dalam segmen SUV, Honda BR-V berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 423 unit di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara sepanjang Januari - Februari 2023. Foto: Honda Surabaya Center

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memperkirakan tren penjualan mobil nasional akan terus meningkat selama tahun 2023.

Dilansir dari laman resmi Gaikindo, Minggu (26/3/2023), angka whole sales (dari pabrik ke dealer) mobil nasional menyentuh 181.077 unit pada periode Januari-Februari 2023 atau tumbuh 9,6 persen dibanding penjualan pada dua bulan pertama tahun lalu yakni sebanyak 165.144 unit.

Persaingan industri otomotif kata Jongkie Sugiarto Ketua I GAIKINDO makin ketat sepanjang 2023 berjalan lantaran banyak agen pemegang merek (APM) berlomba merilis model baru, baik kendaraan konvensional maupun listrik.

Terlebih di momen Ramadan dan Lebaran kali ini, merupakan waktu yang tepat untuk berbagai merek otomotif Tanah Air memberikan program menarik untuk menggenjot penjualan mereka.

Karena, umumnya di bulan Ramadan masyarakat membutuhkan kendaraan untuk silaturahmi ke sanak saudara di kampung halaman.

Berikut brand otomotif yang menghadirkan program penjualan menyongsong momen mudik lebaran, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1.Honda

Honda Surabaya Center (HSC), selaku main dealer mobil Honda di Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara sepanjang Januari – Februari 2023, mencatatkan peningkatan penjualan sebanyak 61,88 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dengan total penjualan mencapai 2,896 unit.

Honda Brio tetap menjadi kontributor utama dengan mencatat penjualan sebanyak 1.305 unit. Honda Brio Satya mencatat penjualan sebanyak 1.101 unit, sementara itu Honda Brio RS 204 unit.

Dalam segmen SUV, Honda BR-V berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 423 unit. Honda HR-V mencatat penjualan 566 unit. Honda WR-V meraih penjualan sebanyak 360 unit. Sementara itu, Honda CR-V terjual 78 unit.

Kemudian, Honda City Hatchback RS terjual sebanyak 121 unit. Honda Mobilio membukukan penjualan sebanyak 20 unit. Sementara di segmen sedan, Honda Civic mencatat penjualan 15 unit, Honda Accord membukukan penjualan 5 unit, dan Honda City terjual sebanyak 3 unit.

Catatan itu melatarbelakangi HSC menghadirkan program penjualan terbaik kendaraan Honda selama Ramadan dan Lebaran untuk kendaraan yang banyak digemari masyarakat, yaitu All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, dan New Honda CR-V.

Konsumen yang melakukan pembelian All New Honda Brio, New Honda Mobilio, All New Honda BR-V (VIN Number 2022 & 2023), New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS, selama pameran di Atrium TP 3 Surabaya pada tanggal 22-26 Maret 2023 juga berhak mendapat keuntungan lebih.

2. Mitsubishi

Budi Dermawan Daulay General Head of Regional Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memproyeksikan pasar otomotif Indonesia akan memberikan capaian yang positif terlebih untuk brand Mitsubishi pada Maret 2023.

“Terkait proyeksi penjualan, harusnya di Maret ini lebih baik karena ada event besar di Februari dan Maret yang kita jalankan. Kami yakin, dua acara ini akan meningkatkan penjualan di Maret dan April,” katanya pada saat jumpa wartawan di Jakarta, Senin (13/3/2023), melansir Antara.

Daulay juga meyakini menjelang Hari Raya Idulfitri, penjualan kendaraan akan mengalami permintaan yang cukup banyak dari konsumen otomotif Indonesia.

Hal itu dikarenakan kebutuhan kendaraan yang hendak digunakan untuk bersilaturahmi kepada sanak saudara di kampung halaman masing-masing.

Menurut data yang dibagikan oleh Gaikindo, Mitsubishi mencatat penjualan ritel pada awal tahun 2023 sebanyak 8.124 unit. Sedangkan pada bulan keduanya di tahun ini, MMKSI mencatat setidaknya terdapat penjualan sebanyak 7.407 unit.

3. Hyundai

Makmur Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) optimistis target penjualan Hyundai tahun 2023 naik, karena tahun ini kapasitas produksi pabrik Hyundai bisa mencapai ratusan ribu unit per tahun.

Dengan mencatat penjualan 30 ribu unit lebih, Hyundai naik ke urutan delapan merek mobil terlaris di Indonesia selama 2022, seperti dilansir dari laman Gaikindo.

Makmur menyebut, soal komposisi penjualan, dari 30 ribuan unit itu 15 ribunya disumbang Hyundai Creta, kemudian hampir 10 ribu Stargazer, dan sisanya dibagi-bagi ke model lain.

HMID menyambut datangnya Ramadan 1444 H pada akhir bulan ini dengan menggelar kampanye #DiantarSangBintang untuk mewujudkan impian masyarakat akan mudik dan berkumpul bersama keluarga.

Lewat kampanye itu, HMID memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk menikmati perjalanan ke kampung halaman menggunakan Stargazer, produk MPV unggulan dari Hyundai.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs