Minggu, 5 Mei 2024

Garuda Indonesia Tambah Penerbangan ke Timur Tengah dari Lima Kota

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Pesawat Garuda Indonesia mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: Antara

Maskapai penerbangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memperluas jaringan rute umrah melalui penerbangan langsung menuju Timur Tengah dari lima kota di Indonesia.

Lima kota tersebut di antaranya Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Banda Aceh, dan Kertajati, dengan tujuan Kota Jeddah dan Madinah di Arab Saudi.

Irfan Setiaputra Direktur Utama Garuda Indonesia menjelaskan, pengoperasian layanan penerbangan dari lima kota tersebut, akan dioperasikan secara bertahap pada Agustus hingga September 2023.

Perluasan layanan penerbangan tersebut merupakan upaya perseroan untuk menjembatani kebutuhan layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ibadah.

“Perluasan rute penerbangan langsung menuju Jeddah dan Madinah dari lima kota di tahun 2023 ini menjadi refleksi optimisme Garuda terhadap peluang layanan penerbangan umrah yang tumbuh signifikan, khususnya di tengah animo masyarakat untuk segera berangkat menuju Tanah Suci pada fase endemi saat ini,” ujar Irfan dilansir Antara pada Selasa (25/7/2023).

Pengoperasian layanan penerbangan ke Tanah Suci akan dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari pengoperasian penerbangan Banda Aceh ke Jeddah Pulang Pergi (PP) pada Kamis (3/8/2023), yang akan beroperasi sebanyak 1 kali dalam 2 minggu.

Lalu, pengoperasian penerbangan Kertajati ke Jeddah (PP) pada Jumat (6/8/2023), yang akan beroperasi sebanyak 1 kali per minggu. Selanjutnya, rute Makassar ke Jeddah (PP) pada Minggu (8/8/2023), yang akan beroperasi sebanyak 2 kali per minggu.

Kemudian, penerbangan Yogyakarta ke Jeddah (PP) mulai Kamis (12/8/2023), yang akan dilayani sebanyak 1 kali per minggu. Selanjutnya, penerbangan Banda Aceh ke Madinah (PP) mulai Sabtu (14/8/2023), yang akan dilayani sebanyak 1 kali per 2 minggu.

Rute terakhir yaitu Surabaya ke Jeddah (PP) via Banda Aceh akan beroperasi sebanyak 2 kali per minggu mulai September 2023 mendatang.

“Optimalisasi jaringan penerbangan menuju Timur Tengah pada tahun ini juga kami laksanakan melalui penambahan frekuensi penerbangan rute Jakarta ke Jeddah (PP) menjadi sebanyak 16 kali per minggu, dan Jakarta ke Madinah sebanyak tujuh kali per minggu, yang mulai dilaksanakan mulai Agustus mendatang,” ungkap Irfan.

Melalui berbagai upaya itu, Garuda Indonesia akan melayani 29 penerbangan menuju ke Tanah Suci di bulan September mendatang.

Jumlah tersebut meningkat 70 persen dibandingkan dengan layanan penerbangan umrah sebelumnya yang melayani 17 kali penerbangan per minggu dari Jakarta.

“Selain itu, kiranya pengoperasian penerbangan ini mampu mendorong perekonomian Indonesia melalui potensi hasil bumi Indonesia dan UMKM unggulan untuk dapat diekspor ke Arab Saudi sebagai langkah perluasan pangsa pasar ekspor Indonesia ke kancah internasional,” terangnya. (ant/fra/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs