Minggu, 5 Mei 2024

Kemenaker RI Siapkan Empat Program untuk Angkatan Kerja Muda

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Anwar Sanusi Sekjend Kemenaker saat memaparkan empat program talenta muda dalam sebuah telewicara yang digelar di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu (18/6/2023). Foto: Antara

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI telah bakal menyiapkan empat program untuk mengoptimalkan potensi tersebut supaya mampu berdaya saing global.

Anwar Sanusi Sekretaris Jenderal Kemenaker, mengatakan empat program untuk angkatan kerja muda tersebut adalah talent scouting, talent fest, talent corner, dan talent class.

“Makanya, kita harus menjadikan angkatan kerja muda ini sebagai sebuah prioritas,” kata Anwar Sanusi mengutip dari Antara, Minggu (18/6/2023).

Anwar menjelaskan talent scouting adalah program untuk pemetaan, pendampingan, dan pembinaan bagi talenta muda untuk melahirkan inovator muda. Program ini dilakukan oleh pusat pasar kerja.

“Kami memiliki konselor-konselor untuk menemukan dan mengenali potensi yang dimiliki angkatan muda,” katanya.

Kemudian untuk program kedua talent fest adalah forum pertemuan antara talenta muda dan perusahaan rintisan dengan industri dan venture capital.

Selanjutnya, program ketiga talent corner berupa peningkatan kompetensi talenta muda daerah untuk menyambut pekerjaan masa depan sebagai cabang dari talent hub di UPTP BPVP di daerah.

“Ini tempat diskusi produktif anak-anak muda dan kami sediakan di balai latihan kerja. Di Kemnaker ada ruangan yang dikenal talent corner, tempatnya nyaman, jaringan internetnya bagus, dan kita juga sering mengundang mitra-mitra untuk diskusi,” katanya.

Sedangkan program talent class adalah pembinaan talenta muda dalam melakukan perencanaan karir, peningkatan soft skill dan hard skill yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja profesional.(ant/wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs