Minggu, 28 April 2024
Advertorial

Komisi V DPR Dukung Pasar Induk Among Tani sebagai Destinasi Wisata Kota Batu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sadarestuwati Anggota MPR RI mengapresiasi terbitnya Novel Meraih Mimpi yang diinisiasi Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI saat menjadi pembicara pada acara Bedah Novel Meraih Mimpi. Acara tersebut berlangsung di Selasar Nusantara IV, Komplek MPR/DPR/DPD RI, Rabu (10/11/2021). Foto: Istimewa

Dalam menjalankan fungsi pengawasan, Jumat (8/9/2023), Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Pasar yang rampung direvitalisasi pada Mei 2023, memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp166,7 miliar.

Sadarestuwati Anggota Komisi V DPR RI mendukung Pasar Induk Among Tani Kota Batu bukan cuma sebagai pasar. Tapi, juga sebagai tempat wisata yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu.

Menurutnya, hal itu memungkinkan karena pasar itu terbesar di Jawa Timur dengan luas mencapai 6.032,86 meter persegi, dengan daya tampung 2.630 pedagang.

“Pasar ini bisa menjadi satu percontohan karena menjadi pasar tradisional yang dibangun kembali dengan konsep modern dan green buidling di mana tidak banyak menggunakan listrik serta sirkulasi udaranya dibuat semaksimal mungkin karena Kota Batu Kebetulan memang daerah yang cukup sejuk. Saya kira ini sudah menjadi satu solusi untuk pengurangan efek rumah kaca,” ujarnya usai memimpin kunjungan anggota dewan.

Selain itu, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut menekankan pentingnya penataan tempat untuk para pedagang serta perlu dikasifikasikan sesuai dengan jenis usahanya.

Begitu juga dengan fasilitas penunjang seperti lahan parkir dan toilet untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung.

“Pedagangnya beragam mulai dari makanan, tekstil, bahkan juga ada pedagang emas. Ini harus dipisahkan penempatannya. Begitu pula untuk ketersediaan fasilitas umum seperti seperti lahan parkir dan juga yang paling penting di setiap pasar itu adalah toiletnya,” pungkasnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs