Sabtu, 4 Mei 2024

Manparekraf Sebut Promosi Digital Tingkatkan Penjualan Hingga 35 Persen

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengungkapkan bahwa promosi digital mampu meningkatkan penjualan pelaku usaha hingga 35 persen.

Dengan potensi tersebut, Sandiaga mengajak pelaku usaha melakukan pemasaran digital, membangun nama yang kuat melalui platform digital yang saat ini berkembang sebagai sarana promosi serta memperluas jangkauan pasar.

“Kita melihat bagaimana ternyata promosi melalui digital bisa meningkatkan penjualan sampai 35 persen dan bisa membuka peluang usaha sehingga mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” ucapnya saat dilansir dari Antara, Jumat (15/9/2023).

Ia mengatakan bahwa dalam sehari, masyarakat tercatat menghabiskan waktunya bermain media sosial hampir mencapai antara 8-9 jam per hari. Dan di sela-sela kegiatan tersebut, sebesar 35-40 persen digunakan untuk membuka e-commerce.

“Angka ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna e-commerce tertinggi setelah Thailand sebesar 44 persen,” imbuhnya.

Dengan memanfaatkan platform digital, ia menekankan tiga hal utama yang patut dicermati, yakni otentik, relevan dengan situasi terkini, dan mampu menjadi buah bibir warganet.

Sandiaga juga mengajak para pelaku usaha parekraf memperluas jenis usaha, dari yang sebelumnya di bidang kuliner, kroya dan fesyen untuk juga merambah produk perawatan tubuh.

Karena menurutnya, produk tersebut menempati posisi kedua sebagai produk yang dibutuhkan masyarakat setelah kuliner, disusul produk kesehatan yang khas dan tradisional seperti jamu.

“Jadi menurut saya UMKM kita sudah harus mulai melebar. Dari tadinya keripik, kerupuk, maupun produk kuliner yang memang sudah biasa dan harus kita tingkatkan. Tapi juga kita harus masukkan produk-produk yang kita pakai setiap hari. Karena kita harus menjadi pemain,” pungkasnya.(ant/ris)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs