Kamis, 2 Mei 2024

Menko Marves Catat 22,68 Juta UMKM Onboarding ke Ekosistem Digital per Juni 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) saat memberikan sambutan secara daring dalam Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan, Kalimantan Utara, Minggu (20/8/2023).Foto: Antara

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan sebanyak 22,68 juta unit UMKM berhasil melakukan onboarding ke ekosistem digital per Juni 2023.

“Sejak peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada 2020, jumlah UMKM yang onboarding sudah mencapai total kumulatif 22,68 juta UMKM per Juni 2023,” katanya dalam Gernas BBI Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan, Kalimantan Utara, saat dilansir dari Antara, Minggu (20/8/2023).

Ia mengatakan, UMKM memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian nasional. Dalam laporan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) tercatat pada 2022 kontribusi UMKM mencapai 60,3 persen terhadap PDB dan mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

Gernas BBI juga dinilai berhasil mendorong peningkatan belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN) melalui sistem e-katalog atau katalog elektronik.

“UMKM dan IKM bisa memiliki peluang untuk mendapatkan pasar pemerintah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mendorong seluruh pemerintah daerah untuk masuk dalam e-katalog lokal dan berbelanja PDN melalui APBN.

Di sisi lain, ia mencatat, masih ada dua kendala utama yang menghambat perkembangan UMKM di Indonesia, yaitu akses pasar dan pembiayaan. Dengan kondidi tersebut, ia meminta agar kegiatan pendampingan bisa terus diberikan. Begitu juga  kemitraan dengan seluruh mitra pembiayaan agar UMKM menjadi bankable.

“Oleh karena itu, ernas BBI kiranya dapat menjawab tantangan tersebut. Pemerintah daerah agar memberikan pendampingan yang berkelanjutan, tidak berhenti di satu event. Terus bermitra dengan BI, OJK dan seluruh mitra pembiayaan. Buka pelatihan untuk meningkatkan UMKM menjadi bankable,” tandasnya.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs