Sabtu, 27 April 2024

Otorita IKN Jalin Kerja Sama dengan Raksasa Teknologi Dunia Berbasis di Amerika Serikat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pejabat dan Staf Otorita Ibu Kota Nusantara foto bersama setelah berkunjung ke Kantor CISCO, di San Jose, California, AS, Senin (13/11/2023). Foto: istimewa

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyepakati kerja sama dengan sejumlah perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Silicon Valley, antara lain Cisco, Autodesk dan ESRI.

Mohammed Ali Berawi Deputi Teknologi Hijau dan digital Otorita IKN mengatakan, kerja sama itu dalam rangka mewujudkan IKN sebagai smart city.

“Contoh kerja sama dengan Cisco bisa menjadikan gedung-gedung di IKN nanti punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (14/11/2023).

Sejumlah petinggi Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengunjungi pusat teknologi Silicon Valley di San Fransisco, California, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023). Kunjungan itu untuk menjalin kerja sama dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan sejumlah perusahaan teknologi terkemuka.

Pejabat IKN yang hadir di antaranya Bambang Susantono Kepala Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi Deputi Teknologi Hijau dan Digital, Tonny Agus Setiono Direktur Transformasi Hijau, Indrayanto Cahyadi Staff Khusus Manajemen Pengetahuan, serta Troy Pantouw Juru Bicara Otorita IKN.

Bambang Susantono Kepala Otorita IKN mengatakan, pembangunan IKN jadi smart city sudah jelas arahnya dan bagian dari transformasi yang tengah dilakukan di Indonesia.

“Salah satu transformasinya adalah membangun ibu kota baru yang harus kita bayangkan di 2045 sebagai sebuah keberlanjutan. Kita harus melompat jadi kota cerdas. Hampir semua kota besar di dunia sudah menerapkan konsep smart city,” ucapnya.

Sementara itu, Troy Pantouw Juru Bicara Otorita IKN bilang, RI ingin naik kelas dari negara berpenghasilan rendah ke berpengasilan tinggi melalui perubahan menjadi kota cerdas dan terkemuka di level dunia.

“Yang kami lakukan adalah tranformasi. Bukan hanya membangun kota, tapi transformasi peradaban baru agar Indonesia di 2045 jadi bangsa yang lebih kuat dan Sejahtera,” katanya di San Fransisco, AS.

Di tempat yang sama, Profesor Mohammed Ali Berawi menyampaikan, IKN juga menjalin kerja sama dengan perusahaan dari sejumlah negara besar lainnya.

“Semua infrastruktur sedang kami siapkan. Dalam pembangunan IKN, kolaborasi banyak pihak mutlak diperlukan, termasuk para perusahaan raksasa teknologi di pusat teknologi dunia, Silicon Valley,” tegasnya.

Denis Lee Yeh Vice President Engineering Sustainability Office Cisco yang menandatangani MoU itu menyatakan, pihaknya selama ini sudah banyak melakukan hal-hal untuk mendukung sistem keberlanjutan dan ramah lingkungan bagi kehidupan manusia. Caranya, dengan pembangunan pusat data, smart building dan ruang kerja dan internet untuk masa depan.

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi.

Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas itu akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara, yang diwakili Mohammed Ali Berawi Deputi Teknologi Hijau dan Digital, dengan Autodesk oleh Allison Rose, Senior Director, Autodesk Government Affairs and Public Policy.

Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur.

Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu Otorita IKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai.

Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Otorita IKN sekaligus menandatangani kesepakatan kerja sama berupa MoU dengan Environment System Research Institute (ESRI Inc.), yaitu perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial.

Penandatanganan MoU antara Otorita IKN dan ESRI diwakili Mohammed Ali Berawi Deputi Teknologi Hijau dan Digital, dengan Dean Angelides ESRI Director of Global Business Development.

ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial.

Teknologi informasi geospasial tersebut, dapat membantu Otorita IKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.

Data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs