Senin, 29 April 2024

Pemprov Jatim dan Bengkulu Sepakat Memperkuat Kerja Sama Ekonomi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa , Gubernur Jawa Timur dan Rohidin Mersyah , Gubernur Bengkulu menandatangani kerja sama antar daerah, di Bengkulu, Pada Minggu (2/7/2023). Foto : Antara

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, menyebutkan misi dagang yang dibangun dengan Provinsi Bengkulu terkait tiga bidang perekonomian.

“Pertanian, perkebunan, peternakan, tiga sektor itu yang punya potensi besar untuk membangun kemitraan dengan Provinsi Bengkulu, tentu sektor-sektor yang lain juga akan dilakukan penajaman,” ujar Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, di Bengkulu, Minggu.

Melansir Antara, kerja sama bertajuk misi dagang tersebut, menurut Khofifah tentunya sebagai upaya saling dukung dalam membangun perekonomian daerah dengan membangun jaringan perdagangan dengan seluruh daerah di Indonesia.

Dari ketiga sektor yang disebutkan, Gubernur Khofifah mengaku ada potensi yang sangat besar untuk dilakukan kolaborasi dan kerja sama antara kedua provinsi. Hasilnya, kata dia, tidak sekadar meningkatkan roda perekonomian, lebih dari itu mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat.

“Bengkulu ini provinsi ke-30 yang kami datangi untuk misi dagang. Kalau titik kunjungan sudah 33 provinsi, karena ada provinsi yang dua kali minta dikunjungi,” kata dia.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu menandatangani nota kesepahaman atau MoU di Gedung Daerah Balai Raya Semarak, Bengkulu, pada Minggu, 2 Juli 2023.

MoU kerja sama tersebut tujuannya untuk memperkuat hubungan kedua provinsi. Selanjutnya, MoU antara Pemprov Jawa Timur dengan Pemprov Bengkulu tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) oleh 13 OPD, 8 BUMD dan 5 Asosiasi dari kedua Provinsi.

“Penajaman kerja sama di empat sektor yaitu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan ini memiliki potensi besar untuk dibangun kemitraan oleh kedua provinsi,” kata Khofifah. (ant/dvn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs