Jumat, 26 April 2024

Penggunaan Gas Bumi untuk RT dan UMKM Naik 15 Persen Selama Ramadan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga memeriksa meteran gas yang terpasang melalui program "city gas" Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Foto: Antara

PGN Sales and Operation Region III (SOR III) mencatat, ada peningkatan konsumsi bahan bakar gas sebesar 10 hingga 15 persen pada sektor rumah tangga (RT) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama yang bergerak di bidang makanan selama momen ramadan tahun ini.

Seperti tahun sebelumnya, momen ramadhan senantiasa memicu peningkatan konsumsi bahan bakar gas untuk sektor RT dan UMKM. Hal ini dikarenakan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat pada sektor tersebut.

Edi Armawiria General Manager SOR III PGN mengatakan, rata-rata konsumsi bahan bakar gas pada sektor RT mencapai 12 – 13 m3/bulan per pelanggan atau setara 12 kg tabung gas. Sedangkan konsumsi gas UMKM sekitar 50 m3/bulan per UMKM.

“Kami berkomitmen memastikan kegiatan operasional penyaluran gas bumi berjalan aman dan pelanggan dapat terlayani dengan baik,” ujar Edi melalui keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Edi menambahkan, untuk memastikan penyaluran bahan bakar gas ke konsumen melalui jaringan pipa PGN terjamin, pihaknya telah menyiapkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (SATGAS RAFI) 2023 yang telah dimulai sejak awal Ramadhan. Satgas ini bekerja 24 jam tersebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara.

Pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2023 PGN juga melakukan Major Emergency Response Exercise (“MERE”) atau Latihan Tanggap Darurat yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan PGN dalam menanggulangi krisis sehingga penyaluran gas bumi PGN tetap dapat dinikmati masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 ini.

“Setiap perayaan hari besar keagamaan, maupun momen tahun baru, kami lakukan bentuk satuan tugas khusus untuk menjamin penyediaan energi PGN karena gas ini juga digunakan untuk rumah tangga, industri dan transportasi. Bentuk kegiatan yang dilakukan meliputi pengecekan jaringan, perbaikan dan pemantauan agar tidak ada gangguan dalam suplainya serta latihan tanggap darurat,” imbuhnya.(iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs