Kamis, 2 Mei 2024

PGN Optimalkan Kontribusi Bisnis Upstream hingga Downstream Migas

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
PGN terus berusaha memperkuat kontribusi bisnis upstream hingga downstream guna menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan. Foto: PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai subholding gas Pertamina berfokus untuk memperkuat kontribusi bisnis upstream, midstream, hingga downstream untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Hal ini disampaikan oleh Arief Setiawan Handoko Direktur Utama PGN dalam pertemuannya dengan equity analysts dan investor PGN di kantor PGN pusat, Jakarta.

“Banyak isu dan tantangan yang dihadapi saat ini. Tapi di balik itu terdapat peluang yang cukup besar bagi PGN untuk menjaga kelangsungan hidup menjadi agregator gas nasional ke depan,” kata Arief dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net pada Minggu (23/7/2023).

Arief menyebut PGN berfokus dalam optimalisasi di berbagai sektor bisnis untuk menopang kinerja perseroan. Dari sisi upstream, beberapa waktu lalu, PGN Saka berhasil menambah volume produksi 2.200 barrel per day minyak dengan no water contain.

Kemudian ada additional gas yang bisa dimanfaatkan sebesar 20 – 40 MMSCF serta masih memiliki potensi 8.800 – 10.000 barel minyak dari Blok Pangkah.

“Ke depan bisnis upstream dapat berkontribusi lebih besar untuk PGN dan turut mendukung peningkatan lifting migas untuk negara,” kata Arief.

Arief menjelaskan, sinergi Pertamina Grup dengan Pertamina Hulu Rokan dalam pembangunan pipa minyak Rokan telah berkontribusi terhadap pendapatan prseroan sebesar 11,8 juta dolar AS per bulan.

“Dalam bidang pengembangan dan pengelolaan infrastruktur pipa gas. Terutama di area Sumatera telah terhubung ke Singapura, Batam, hingga Jawa Barat,” ucapnya.

Arief menambahkan, dalam hal pengembangan bisnis beyond pipeline, PGN mulai membangun storage LNG melalui proyek revitalisasi tank LNG di Arun di mana ada potensi captive tenant untuk menampung LNG.

Upaya maksimal dan intensif juga terus dilakukan PGN terkait dengan pemenuhan kontrak LNG Trading yang dilaksanakan perseroan dengan sejumlah pihak. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs