Kamis, 9 Mei 2024

PT KAI Commuter Kurangi Kapasitas Tiket Tanpa Tempat Duduk Per 1 Agustus

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Kereta Api (KA). Foto: Humas KAI Daop 8 Surabaya

PT Kereta Api Indonesia Commuter mengurangi kapasitas tiket tanpa tempat duduk pada perjalanan Commuter Line (CL) di Wilayah 8 Surabaya mulai 1 Agustus 2023.

Anne Purba VP Corporate Secreatary KAI Commuter dalam keterangannya di Surabaya, Senin, mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan Surat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan No.M.006/3/9/K2//DJKA/2023 Tanggal 17 Juli 2023, terkait Penyesuaian Kapasitas Penumpang.

“Rinciannya, 100 persen dengan tempat duduk dan 50 persen tiket tanpa tempat duduk, saat ini menjadi 120 persen, dengan rincian 100 persen dengan tempat duduk dan 20 persen tiket tanpa tempat duduk,” ujarnya dilansir Antara pada Senin (31/7/2023).

Sebelumnya, menurut Anne, aturan kapasitas yang berlaku adalah 150 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia.

Pengurangan ini, menurut Anne, akan diberlakukan pada 16 pelayanan perjalanan Commuter Line wilayah atau KA Lokal yang ada di Wilayah 2 Bandung dan Wilayah 8 Surabaya.

Khusus Wilayah 8 Surabaya, lanjutnya, yaitu 401 Commuter Line Dhoho Blitar-Surabaya Kota (Via Kertosono), 403 Commuter Line Dhoho Blitar-Surabaya Kota (Via Kertosono), 417 Commuter Line Dhoho Surabaya Kota-Blitar (Via Kertosono).

Selain itu 419 Commuter Line Dhoho Surabaya Kota-Blitar (Via Kertosono), 432 Commuter Line Penataran Blitar-Surabaya Kota (Via Malang) dan 437 Commuter Line Penataran Blitar-Surabaya Kota (Via Malang).

Kemudian, 411 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 413 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 415 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya.

Juga 431 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 433 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya dan 435 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya.

Selanjutnya, 440 Commuter Line Blorasura Cepu-Surabaya Pasar Turi, 441 Commuter Line Blorasura Surabaya Pasar Turi-Blora, 442 Commuter Line Blorasura Cepu-Surabaya Pasar Turi dan 443 Commuter Line Blorasura Surabaya Pasar Turi-Blora.

Menurut Anne, penyesuaian kapasitas tersebut diterapkan pada perjalanan Commuter Line dengan jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 km dan menggunakan sarana kereta kelas ekonomi (K3).

Saat ini, sambung dia, jajarannya juga memudahkan seluruh pengguna dalam melakukan pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah melalui aplikasi KAI Access.

“Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari sebelum hari pemberangkatan dengan memasukkan data-data yang sesuai dengan identitas diri,” jelasnya.

Selain itu, dalam hal standar layanan yang diberikan, jajarannya tetap memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter Line Jabodetabek yang telah berhasil diterapkan.

“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir,” pungkas Anne. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs