Jumat, 29 Maret 2024

PT PAL Indonesia Perluas Pasar Global dengan Hadiri Pameran Internasional di UEA

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
PT PAL Indonesia dalam International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023, yang digelar pada 20-24 Februari di Uni Emirat Arab. Foto: PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia berpartisipasi dalam International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 yang digelar di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), Uni Emirat Arab (UEA), pada 20-24 Februari 2023.

Dalam partisipasinya di IDEX 2023 ini, PT PAL Indonesia berhasil melanjutkan hubungan tata kelola (G to G) dan bisnis (B to B) antara Indonesia dengan UEA.

Langkah ini merupakan strategi jangka panjang perusahaan untuk memperluas bisnisnya secara global, terutama di Timur Tengah untuk mempromosikan dan mengusulkan beberapa state of art PT PAL seperti Landing Platform Docks (LPD), Kapal Rumah Sakit (BRS), dan Fast Attack Craft Missile (FACM) 60M.

“PT PAL merupakan salah satu perusahaan industri pertahanan laut terbesar di Indonesia, dan saat ini memasuki pasar global dengan beberapa negara tujuan ekspor seperti negara-negara di kawasan Asia Tenggara hingga Timur Tengah,” ujar Willgo Zainar Chief Marketing Officer PT PAL Indonesia.

Potret PT PAL Indonesia saat hadiri pameran International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), Uni Emirat Arab. Foto: PT PAL Indonesia

Willgo Zainar juga menyampaikan bahwa PT PAL kini fokus pada pasar global sebagaimana yang menjadi target Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto.

“DEFEND ID (Defence Industry Indonesia) itu harus bisa menjadi Top 50 Global Defense Industry di masa mendatang. Sangat penting bagi PT PAL tidak hanya hadir di ajang kelas dunia ini, tetapi juga memperkuat posisi PAL sebagai pemain global,” terangnya.

Sebelumnya, PT PAL Indonesia berhasil menarik minat pemerintah UEA dengan menawarkan produk kapal LPD dan BRS saat pameran Indodefence pada 2-5 November 2022 lalu.

Selain itu, PT PAL juga telah menandatangani beberapa perjanjian dengan perusahaan pertahanan lokal Abu Dhabi.

Kerjasama tersebut dilakukan karena adanya perpaduan antara desain produk PT PAL Indonesia dengan letak geografis Timur Tengah.

Hasil kolaborasi tersebut, PT PAL Indonesia berhasil memperluas pasar ekspor produk kapal perang mereka. Kolaborasi tersebut juga berbentuk manajemen logistik dan pelatihan produksi kapal.

Perlu diketahui, gelaran IDEX 2023 ini merupakan partisipasi PT PAL Indonesia untuk yang pertama kalinya.

IDEX 2023 sendiri merupakan pameran industri pertahanan internasional untuk menampilkan inovasi dan teknologi terbarukan yang digelar dua tahun sekali. Dan pameran ini menjadi kesempatan PT PAL Indonesia untuk memperluas target pasar internasional dan meningkatkan kualitas produk perusahaan di masa mendatang.(ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs