Minggu, 12 Mei 2024

Rupiah Dibuka Menguat Jadi Rp15.878 per Dolar AS pada Selasa Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah pada Selasa (24/10/2023) pagi menguat sebesar 0,35 persen atau 55 poin menjadi Rp15.878 per dolar Amerika Serikat (AS) dari sebelumnya Rp15.933 per dolar AS.

Dolar AS memang tengah melemah terhadap sejumlah mata uang utama lain pada akhir perdagangan Senin (23/10/2023) atau Selasa pagi waktu Indonesia. Hal ini dipicu jatuhnya imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Dilansir dari Antara, indeks dolar yang mengukur nilai dolar terhadap sejumlah mata uang utama lainnya melemah 0,59 persen menjadi 105,5372.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun sempat menyentuh 5,021 persen sebelum akhirnya turun.

Turunnya imbal hasil obligasi pemerintah AS membuat pasar bertaruh adanya peluang kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih rendah dan membuat dolar AS tidak diminati.

Pergerakan di pasar valuta asing tidak begitu terlihat pada awal pekan karena para pedagang menunggu beberapa peristiwa minggu ini, termasuk pertemuan Bank Sentral Eropa, rilis data PDB AS, dan ukuran inflasi pilihan The Fed.

Anggota Fed sekarang berada dalam periode blackout menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dimulai pada 31 Oktober. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
29o
Kurs