Rabu, 8 Mei 2024

Rupiah Jumat Pagi Melemah Jadi Rp15.335 per Dolar AS

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi Rupiah. Foto: Pixabay

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (8/9/2023) pagi melemah 0,05 persen atau 7 poin menjadi Rp15.335 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.328 per dolar AS.

Rully Arya Wisnubroto Ekonom Senior PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyatakan nilai tukar atau kurs rupiah pada Jumat, dipengaruhi penguatan dolar Amerika Serikat (AS) pascarilis data jobless claims (klaim pengangguran) AS yang meleset dari perkiraan.

“Ini menunjukkan kondisi ekonomi AS masih lebih baik dari negara-negara lainnya di dunia,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Dolar AS menguat terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah data klaim pengangguran Amerika Serikat tak sesuai ekspektasi, sehingga memicu spekulasi kenaikan suku bunga The Fed.

Selain itu, rupiah melemah juga dipengaruhi rilis Purchasing Managers Index (PMI) Services AS yang lebih baik dari perkiraan menjadi 54,5 dari ekspektasi 52,5. “Ini meningkatkan ekspektasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga di bulan November 2023,” ucap Rully.

Meninjau dari keadaan dalam negeri, cadangan devisa Indonesia turun menjadi 137,1 miliar dolar AS pada Agustus 2023 dibandingkan dengan posisi pada Juli 2023 yang sebesar 137,7 miliar dolar AS. (ant/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs