Jumat, 29 Maret 2024

Rupiah Menguat di Tengah Laporan Data Inflasi AS yang Menurun

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Lembaran mata uang Rupiah dan Dolar AS diperlihatkan di salah satu jasa penukaran valuta asing di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal perdagangan Kamis menguat di tengah investor mencerna data inflasi Amerika Serikat (AS) yang menurun.

Rupiah pada Kamis (11/5/2023) pagi naik sembilan poin atau 0,06 persen ke posisi Rp14.723 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.732 per dolar AS.

“Lebih karena inflasi AS yang menurun, sehingga market melihat peluang kenaikan suku bunga lebih kecil,” kata Revandra Aritama analis ICDX dilansir dari Antara, Kamis (11/5/2023).

Revandra menuturkan inflasi AS April 2023 berada di level 4,9 persen menekan sentimen kenaikan suku bunga. Setelah sebelumnya sentimen kenaikan nilai suku bunga bank sentral AS atau The Fed memiliki peluang yang lebih besar menyusul prediksi inflasi AS masih tetap berada di level 5 persen.

Selain itu, sebelumnya ada juga perkiraan bahwa inflasi yang dialami AS pada April 2023 berpeluang naik menyusul laporan pasar tenaga kerja AS yang berada di level sangat baik.

Dengan tingginya penyerapan tenaga kerja, kemampuan masyarakat untuk berbelanja akan meningkat hal ini mendorong konsumsi dan yang pada gilirannya mendorong inflasi. Namun kenyataannya, laporan inflasi AS April mengalami penurunan, Walaupun penurunannya tipis, tetapi itu juga menekan sentimen pasar terhadap kenaikan suku bunga The Fed.

Dolar AS melemah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis pagi, karena indeks harga konsumen (IHK) AS yang lebih rendah dari perkiraan pada April, mungkin menandakan bahwa inflasi mereda.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, turun 0,12 persen menjadi 101,4797 pada akhir perdagangan.

Revandra memproyeksikan rupiah bergerak di kisaran Rp14.600 per dolar AS hingga Rp14.800 per dolar AS.

Pada Rabu (10/5/2023) rupiah ditutup meningkat 10 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp14.732 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.742 per dolar AS.(ant/ihz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs