Senin, 29 April 2024

Rusia Perkuat Perdagangan dengan Jawa Timur

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Alexander Svinin Kepala Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia di Republik Indonesia (kelima kiri) saat melakukan kunjungan ke Graha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, Surabaya. Foto: Antara

Alexander Svinin Kepala Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia di Republik Indonesia menyatakan pihaknya berkomitmen memperkuat perdagangan dengan Indonesia khususnya dengan Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Kerja sama Rusia dengan Indonesia, termasuk dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jatim sebenarnya sudah terjalin sejak lama,” ujar Alexander Svinin di Surabaya, Jumat (28/7/2023).

Svinin mengatakan, banyak perusahaan Rusia yang telah difasilitasi Kadin Jatim dalam berbagai kegiatan, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, Rusia memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih Karena Kadin sudah membantu perusahaan Rusia sejak lama. Juga perusahaan Rusia banyak berpartisipasi dalam acara yang dilaksanakan Kadin, juga Kadin berpartisipasi pada acara yang selenggarakan oleh Rusia. Kami melihat ada ketertarikan dari kedua pihak. Dan hari ini kami ingin memperkuat ketertarikan,” ujar Svinin, seperti dilansir Antara.

Sejumlah produk yang dianggap berpotensi diantaranya adalah agrikultural, perkapalan, pupuk dan berbagai produk kebutuhan sehari-hari, serta makanan dan minuman.

“Hari ini kami mendengar berbagai macam presentasi dari perusahaan Indonesia. Semua cukup menarik dan kami sepakat menerima katalog produk Indonesia dan akan kami kirimkan kepada mitra potensial di Rusia. Kemungkinan pada bulan Agustus kami bisa hubungkan perusahaan Indonesia dengan Rusia,” ujarnya.

Tomy Kaihatu Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Internasional Kadin Jatim menyambut baik keinginan Rusia dan menyerahkannya ke pengusaha untuk mengambil kesempatan yang baik ini.

“Ini adalah peluang yang cukup besar karena ini langsung dari pemerintah Rusia. Kita semua tahu bahwa Rusia adalah negara yang sentralistik. Kalau pemerintah sudah bilang A, maka semuanya wajib ikut,” ujarnya.

Sementara itu, Jiro Dwiputra Direktur Cipendel Center Cahaya mengaku sangat senang dengan pertemuan ini karena mereka mendapatkan kesempatan untuk bisa mengembangkan penjualan mereka ke Rusia. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs