Senin, 27 Mei 2024

Bandara Dhoho Kediri Ditargetkan Beroperasi pada Masa Mudik Lebaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Penjabat Gubernur Jawa Timur (Jatim) waktu meninjau Bandara Dhoho didampingi Hanindhito Himawan Pramana Bupati Kediri di Kediri, Jatim. Foto: Antara/ Pemkab Kediri

Progres kesiapan operasional Bandara Dhoho Kediri di Provinsi Jawa Timur (Jatim) disebut sudah 100 persen tuntas, dan tinggal menunggu kapan tanggal mulai beroperasi dari pemerintah pisat.

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membahas jadwal operasional Bandara Dhoho Kediri tersebut.

Adapun operasional bandara itu diharapkan bisa dimulai pada saat mudik Lebaran 2024. Adhy menargetkan Bandara Dhoho kediri mulai beroperasi pada tanggal 5 atau 6 April 2024.

“Saya melihat kesiapan semua, sudah 100 persen. Kami berusaha secepatnya dioperasikan. Kalau keinginan kami tanggal mudik 5-6 April 2024,” ujar Adhy dalam keterangannya, Minggu (13/3/2024).

Selain itu, lanjut Adhy, sudah ada satu maskapai yang siap beroperasi di Bandara Dhoho Kediri dan mengantongi izin. Sedangkan sejumlah maskapai lainnya sedang dalam tahap proses pengurusan izin beroperasi.

Kemudian yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemprov Jatim dan Pemkot Kediri adalah menyiapkan transportasi jalur darat untuk mendukung konektivitas dan aksebilitas di sejumlah daerah sekitaran bandara.

“Sekarang moda transportasi daratnya yang harus terkoneksi dengan lima kabupaten penghubung bandara,” ujar pria yang sebelumnya menjabat Sekdaprov Jatim itu.

Hingga kini masih belum ada informasi secara resmi terkait dengan jadwal peresmian bandara tersebut.

Kemudian dari informasi yang dihimpun, Izin penerbangan yang sudah keluar antara lain Kediri-Jakarta, Kediri-Makassar, Kediri-Bali, Kediri-Palembang, Kediri-Banjarmasin, dan Kediri-Balikpapan. Serta izin melayani penerbangan haji dan umroh.

“Satu sudah mendapatkan izin. Nanti kami sampaikan lagi, karena saya juga harus menyampaikan ke pusat untuk koordinasi ini cepat beroperasi,” tandas Adhy. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs