Senin, 29 April 2024

OIKN Sebut Total Investasi Masuk di IKN Nusantara Mencapai Rp47,5 Trilliun

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Antara Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat total nilai investasi yang masuk dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sekitar Rp47,5 triliun hingga periode Januari 2024.

Realisasi investasi yang masuk dalam pembangunan IKN Nusantara sampai peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan fisik baru tahap empat pada Januari 2024, telah mencapai sekitar Rp47,5 triliun

“Sepanjang 2023 realisasi investasi yang dicapai Rp41,4 triliun. Investasi bertambah Rp6,1 triliun hingga saat ini,” ujar Bambang Susantono Kepala OIKN dilansir Antara pada Selasa (30/1/2024).

Realisasi investasi itu berasal dari investor swasta mencapai lebih Rp39,5 triliun, dan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekitar Rp8 triliun.

OIKN menargetkan sekitar Rp100 triliun investasi publik yang masuk dalam pembangunan Kota Nusantara hingga akhir 2024, yang bisa berasal swasta maupun BUMN.

BUMN dan investor swasta yang telah bergabung lebih dulu dalam pembangunan Kota Nusantara, menurutnya, bisa menciptakan dampak positif untuk menarik investor baru.

Penanam modal (investor) pertama yang lebih dulu terlibat dalam pembangunan Kota Nusantara mendapat hak istimewa, lanjutnya, yakni bisa mencari tempat strategis untuk mengembangkan usaha atau bisnis.

Kegiatan investasi (penanaman modal) dalam pembangunan Kota Nusantara di sebagai wilayah Provinsi Kalimantan Timur bakal terus berproses tanpa henti, diharapkan dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

“Kami yakin investasi Kota Nusantara tetap akan berjalan, kendati saat ini dalam masa Pemilu 2024,” katanya.

OIKN optimistis akan lebih banyak lagi investor yang menanamkan modal jangka panjang dalam pembangunan Kota Nusantara pada 2024. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs