Jumat, 19 April 2024

Rupiah Tergelincir 35 Poin Menjadi Rp15.743 per Dolar AS pada Selasa Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (6/2/2024) pagi, tergelincir 35 poin atau 0,22 persen menjadi Rp15.743 per dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp15.708 per dolar AS.

Reny Eka Putri analis pasar uang Bank Mandiri mengatakan, pelemahan rupiah lebih lanjut berpotensi tertahan oleh data ekonomi Indonesia yang kuat dengan mencatatkan pertumbuhan untuk keseluruhan tahun 2023 sebesar 5,05 persen secara year on year (yoy).

“Sesuai ekspektasi, Badan Pusat Statistik merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,05 persen pada 2023. Perekonomian Indonesia masih didukung oleh konsumsi dan investasi. Rilis data ini diharapkan dapat menahan pelemahan rupiah lebih lanjut,” kata Reny dilansir Antara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat di tengah ekonomi global yang melambat itu ditopang oleh permintaan domestik utamanya berlanjutnya pertumbuhan konsumsi.

Termasuk dampak positif penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu), serta peningkatan investasi khususnya bangunan sejalan dengan berlanjutnya pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) termasuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Reny menuturkan, pergerakan rupiah pada perdagangan hari ini utamanya dipengaruhi oleh sentimen global terkait waktu penurunan suku bunga kebijakan AS atau Fed Funds Rate (FFR) yang masih belum jelas. Sentimen tersebut menyebabkan rupiah melemah.

“Pergerakan pasar uang global masih volatile dipengaruhi sentimen eksternal terutama waktu pemangkasan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang masih penuh ketidakpastian,” ujarnya.

Pada perdagangan hari ini, Reny memperkirakan nilai tukar rupiah akan berada di rentang Rp15.680 per dolar AS hingga Rp15.738 per dolar AS. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs