Rabu, 19 Juni 2024

Rupiah Tergelincir 62 Poin Jadi Rp16.040 per Dolar AS pada Selasa Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (21/5/2024) pagi tergelincir 62 poin atau 0,39 persen menjadi Rp16.040 per dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp15.978 per dolar AS.

Dilansir dari Antara, hal ini karena pernyataan sejumlah pejabat Bank Sentral AS atau The Fed yang hawkish terkait arah kebijakan suku bunga atau Fed Funds Rate.

“Rupiah diperkirakan akan melemah terhadap dolar AS, setelah pernyataan pejabat-pejabat The Fed yang hawkish,” kata Lukman Leong analis mata uang.

Lukman mengutip dari pernyataan Raphael Bostic Atlanta Fed President mengatakan masih butuh waktu untuk inflasi turun ke target.

Sedangkan Philip Jefferson pejabat New York Fed mengatakan terlalu awal untuk mengetahui apabila penurunan inflasi terakhir ini akan bisa berlanjut.

Investor masih berhati-hati dan mengantisipasi serangkaian pidato pejabat The Fed terutama pidato Jerome Hayden Powell Ketua The Fed besok, Rabu (22/5/2024).

Lukman memproyesikan rupiah hari ini akan bergerak di rentang Rp15.950 per dolar AS sampai dengan Rp16.100 per dolar AS. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs