Sabtu, 27 April 2024

Rupiah Tergelincir Jadi Rp15.718 per Dolar AS pada Selasa Sore

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa (19/3/2024) ditutup tergelincir menjelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada Rabu (20/3/2024) besok.

Pada akhir perdagangan Selasa, kurs rupiah melemah 27 poin atau 0,17 persen menjadi Rp15.718 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.691 per dolar AS.

“Untuk RDG BI, pasar expect (memperkirakan) BI mempertahankan BI-Rate di 6 persen,” kata Rully Arya Wisnubroto ekonom Mirae Asset Sekuritas seperti dikutip Antara.

RDG BI Bulanan membahas rekomendasi dan penetapan kebijakan moneter, makroprudensial, serta sistem pembayaran dalam satu bauran kebijakan.

Di sisi lain, pasar menunggu langkah beberapa bank sentral utama di dunia, yakni bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed dan bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BoJ) terutama terkait arah kebijakan suku bunga acuan.

Menurut dia, ada potensi BoJ mulai akan melakukan normalisasi dari kebijakan suku bunga negatif, kemungkinan bisa dinaikkan dari -0,1 persen menjadi 0,1 persen.

Sementara, suku bunga kebijakan The Fed diproyeksikan masih akan tetap bertahan di level 5,5 persen.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin turun ke level Rp15.712 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.672 per dolar AS. (ant/ike/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs