Kamis, 25 April 2024

Museum Teknologi Informasi Jadikan Sarana Pendidikan Bertambah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya diwawancarai wartawan usai membuka museum teknologi dan informasi. Foto: totok suarasurabaya.net

Museum Teknologi Informasi di kampus Stikom Surabaya yang Selasa (28/11/2017) diresmikan Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Dengan keberadaan museum ini diharapkan menjadi sarana pendidikan dan pembelajaran tentang perkembangan peradaban manusia melalui teknologi dan informasi.

“Saat ini perkembangan teknologi dan informasi sangat luar biasa. Perangkat teknologi yang mempengaruhi kehidupan dan peradaban manusia juga terus berkembang. Dan kehadiran museum ini semoga bisa menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda,” ujar Tri Rismaharini Walikota Surabaya.

Risma menegaskan dengan banyaknya museum di Surabaya, maka akan banyak pilihan bagi masyarakat serta generasi muda untuk belajar apa saja melalui museum-museum yang ada tersebut.

“Karena dari museum seperti ini, kita jadi tahu bagaimana perkembangan teknologi informasi dalam peradaban manusia. Ini penting dipahami, dan dengan penataan yang menarik, tidak menutup kemungkinan museum juga jadi sarana pendidikan buat masyarakat,” tambah Risma.

Museum Teknologi Informasi yang dibuat Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, saat ini memang masih memiliki koleksi yang belum banyak. Tetapi dari koleksi yang ada sekarang diharapkan bisa memberi gambaran bagi masyarakat tentang perkembangan teknologi informasi.

Budi Djatmiko Rektor Stikom Surabaya menyampaikan bahwa koleksi museum memang belum banyak dan oleh karenanya museum juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan koleksinya terkait benda atau apapun tentang teknologi dan informasi.

“Tentunya kami sangat berterimakasih dengan keinginan masyarakat untuk memberikan sumbangsih benda atau apapun berkaitan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Kami sangat berterimakasih,” kata Budi Djatmiko.

Museum Teknologi dan Informasi yang ada di Stikom Surabaya, menghadirkan berbagai perangkat teknologi informasi diantaranya komputer dengan CPU dan layar berukuran jumbo, juga beberapa koleksi handphone era generasi awal dengan kekhasan ukurannya yang besar.(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs