Selasa, 7 Mei 2024

Haji Mandiri Asal Malang, Jadi Korban Mina

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Foto : Presstv.ir

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah bermukim di Arab Saudi dan tengah melakukan ibadah haji secara mandiri ikut menjadi korban dalam peristiwa Mina.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Djamil pada jumpa pers di Mekkah, Senin (28/9/2015) dini hari mengatakan selain 41 jamaah haji Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina, ada satu tambahan WNI yang menjadi korban, yaitu Rumiati binti Nomo alias Aminah, dengan alamat Desa Kalipare RT 03/03 Kecamatan Kalipare, Arjowilangun, Malang, Jawa Timur.

“Sehingga sampai dengan saat ini, jumlah WNI mukimin yang menjadi korban peristiwa Mina berjumlah empat orang,” katanya.

Pada rilis sebelumnya, Minggu (27/9/2015) yang disampaikan Kepala Daker Mekkah, Arsyad Hidayat, tiga orang WNI yang bekerja pada perusahaan Grup Bin Ladin dan sedang menjalankan ibadah haji ikut menjadi korban pada peristiwa Mina.

Mereka adalah Akhmad Jamhuri bin Hisyam dengan nomor iqomah 2362046928, Wartoyo Usman Kalib dengan nomor iqomah 2389005337, dan Asdinur Sanuri Hamzah dengan nomor iqomah 2381436951.

WNI yang meninggal pada peristiwa tersebut menjadi tanggung jawab perwakilan RI di Arab Saudi dalam hal ini Konjen RI di Jeddah.

Sementara itu Konjen RI untuk Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra, mengatakan Rumityati binti Nomo alias Aminah merupakan WNI yang telah lama bermukim di Arab Saudi dan passpornya masih aktif hingga tahun 2017.

“Ia melakukan ibadah haji tanpa melalui agen perjalanan, atau melaksanakan haji secara mandiri,” katanya.

itu berbeda dengan tiga WNI yang ikut menjadi korban pada peristiwa Mina yang melaksanakan ibadah haji secara resmi melalui travel Al-Rajhi, bersama enam WNI lainnya.

Mengutip Antara dari identitas yang dimiliki Aminah, kata dia, diketahui ia tinggal dengan ponakannya di Arab Saudi dan bekerja dengan majikan warga negara Arab yang kini sedang berlibur.

Selain Aminah, kata dia, ada satu WNI mengalami luka dalam peristiwa Mina yang masih dirawat di rumah sakit yaitu Asmad Kasim. “Dengan demikian ada lima WNI lainya yang ikut Al Rajhi yang belum diketahui nasibnya pasca-peristiwa Mina,” kata Dharmakirty. (ant/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
33o
Kurs