Selasa, 7 Mei 2024
MoU XL-Kopertis Sulawesi

Sediakan Solusi MPLS untuk PTS

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) melalui divisi solusi korporat XL Business Solutions menandatangani kesepahaman kerja sama dengan Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah IX Sulawesi menyediakan solusi Multi Protocol Label Switch (MPLS) untuk video conference, komunikasi data, akses internet, layanan nilai tambah SMS dan nomor XL korporat.

Kerja sama penyediaan MPLS berlangsung 2 tahun sejak 20 Maret 2007 untuk 289 perguruan tinggi swasta di Sulawesi. “Kerja sama XL dalam penyediaan solusi MPLS bagian wujud komitmen XL menjadi penyedia Information and Communication Technology (ICT) pilihan di Indonesia,”kata KENCONO WIBOWO VP East Region XL saat dihubungi suarasurabaya.net, Selasa (20/03).

Kerja sama ini, kata WIBOWO, menunjukkan peran serta XL turut memajukan ICT di Indonesia khususnya di dunia pendidikan.Teknologi ICT ke depan akan terus berkembang. ““Diharapkan melalui solusi ini kami dapat turut membentuk generasi penerus berkualitas yang menguasai teknologi termasuk ICT,”ujarnya.

Penandatanganan kesepahaman berlangsung di Makasar antara XL diwakili KENCONO WIBOWO dan Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi yang diwakili Prof. DR H. AMINUDDIN SALLE SH,MH disaksikan r. H.M.ILHAM ARIF SIRAJUDDIN MM Walikota Makassar.

Acara dilanjutkan dialog antara perwakilan perguruan tinggi swasta di Sulawesi, jajaran Kopertis, Walikota Makasar di Makasar dengan Prof. DR TRESNA DERMAWAN KUNAEFIDirektur Akademik Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan NIZAR MANSUR Senior VP XL Business Solutions yang berlokasi di Jakarta melalui fasilitas video conference.

Dalam dialog antara Makasar dan Jakarta, TRESNA menyatakan saat ini sedang dimaksimalkan penggunaan ICT atau teknologi informasi komunikasi di dunia pendidikan. Satu diantaranya diwujudkan dengan penggunaan solusi MPLS oleh Kopertis wilayah IX Sulawesi.

TRESNA menambahkan kerja sama Kopertis dengan XL merupakan terobosan baru di dunia pendidikan yang akan menerapkan Jardiknas (jaringan pendidikan nasional) yang tentunya sarat dengan ICT. Fasilitas video conference yang diujiicobakan merupakan fasilitas yang akan dinikmati oleh mahasiswa Sulawesi untuk pelaksanaan kuliah jarak jauh, diantaranya kuliah dengan dosen tamu yang berada di Jakarta atau diluar kota lainnya.

Para dosen atau pengajar yang sedang berada di luar kota dapat tetap menjalankan tugasnya memberikan kuliah kepada mahasiswanya. Akses internet yang akan masuk ke kampus juga akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dalam menambah wawasan dan pengetahuannya.

Dengan menggunakan internet, para mahasiswa terhubung dengan perpustakaan dunia yang kaya akan informasi penting. Keuntungan lain dari hasil kerja sama ini tersedianya aplikasi pelaporan hasil semester administrasi mahasiswa secara on line, sehingga mahasiswa sewaktu-waktu mendapatkan informasi seputar hasil semester mereka.

Teks foto :
– Kegiatan video conference rangkaian MoU antara XL dan Kopertis Sulawesi
Foto : Dok.XL

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs