Kamis, 2 Mei 2024

Aplikasi Web Meeting Jarak Jauh, Cocok Untuk Bisnis Skala Besar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Keberhasilan sebuah perusahaan acapkali lahir melalui perencaan dan strategi yang handal melalu sebuah meeting atau rapat. Bagi perusahaan skala kecil rapat dapat dilakukan dengan mudah, karena jumlah personel yang terbatas.

Lantas, bagaimana dengan perusahaan berskala nasional atau bahkan internasional?? Mereka tentu memiliki staf dengan jumlah yang banyak serta bagian atau divisi yang banyak pula, serta tempat atau lokasi yang bisa jadi tersebar dibeberapa wilayah.

Fenomena kemajuan teknologi serta perkembangan bisnis secara global menuntut perusahaan harus cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan strategis, khususnya melalui sebuah rapat.

Yohanes Ekodono, mahasiswa S1 Sistem Informasi Stikom Surabaya menangapi fenomena ini dengan menghadirkan solusi melalui aplikasi rapat online yang dibuatnya. Sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media penunjang kegiatan rapat secara online.

Menurut Yohanes, aplikasi ini dikendalikan oleh seorang staf yang akan dipercaya sebagai moderator rapat oleh perusahaan. Moderator dapat mengatur jalannya rapat internal dengan menetapkan setting utama pada ruang rapat sebelum rapat dimulai.

“Bahkan aplikasi ini memberikan otorisasi kepada setiap staf peserta rapat di dalam ruangan tersebut untuk melakukan beberapa aksi. Peserta rapat dapat memberikan ide-ide individu, yang ditujukan untuk pengembangan perusahaan sesuai dengan keigninan,” terang Yohanes.

Selain itu, sarana voting yang disediakan didalam aplikasi ini bermanfaat untuk menyamaratakan perlakuan atas ide-ide yang telah disampaikan para staf. Sarana ini memungkinkan masing-masing staf berkontribusi, tidak hanya terhadap ide yang disampaikannya, tetapi juga terhadap ide staf lainnya.

Yohanes mengatakan, vote dapat dilakukan beberapa tahap sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan kesepakatan bersama apabila informasi-informasi yang disampaikan di dalam rapat telah dirumuskan menjadi suatu keputusan.

“Dengan adanya aplikasi ini rapat secara remote atau jarak jauh yang dilakukan oleh para staf dapat terfasilitasi. Dan ini memberikan kemudahan serta efektifitas waktu dan tenaga dalam pelaksanaan meeting. Sangat dibutuhkan bagi penyelenggaraan rapat atau meeting dalam skala besar dan wilayah yang berjauhan,” pungkas Yohanes Ekodono pada suarasurabaya.net, Rabu (29/10/2014).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs