Selasa, 21 Mei 2024

Cyber Crime Merebak Akibat Makin Canggihnya Ponsel

Laporan oleh Angga Krisnayodi Sulaiman
Bagikan

Semakin canggihnya perkembangan ponsel saat ini, mengakibatkan semakin maraknya aksi kejahatan yang memanfaatkan teknologi dunia maya “Cyber Crime”.

Silvia Strasser Polisi Federal Austria menyampaikan, hingga saat ini hampir semua orang sudah mulai menggunakan smartphone.

Menurut Data Corporation Internasional, sudah lebih dari 1,25 miliar smartphone akan ke seluruh pelosok dunia pada tahun ini saja.

Sementara itu Hacker akan dapat dengan mudah melakukan lebih banyak kejahatan. Karena pelanggaran mereka relatif tanpa rasa sakit, tanpa darah, tidak ada lawan dan tidak ada kontak, dan yang paling parah, korban juga tidak akan sadar kalau dirinya sudah dibajak.

Beberapa data menyebutkan, kerugian akibat Cyber Crime ini secara global bisa mencapai hingga 600 juta dolar Amerika per tahun. Pada tahun 2013 saja, Amerika sudah rugi 100 juta dolar akibat aksi para Hacker ini.

Hasil dari kejahatan “Cyber Crime” yang akhir-akhir ini mencuat adalah aksi Hacker yang berhasil meretas data dari iCloud milik Apple, dan berhasil mengambil foto-foto pribadi milik beberapa artis Hollywood, yang kemudian disebarluaskan di internet.(xin/krs/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs