Senin, 6 Mei 2024

Pengendali Alat Rumah Tangga Dengan Aplikasi Smartphone Android

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Natanael dan pengendali alat rumah tangga karyanya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Natanael Octodion Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) merancang pengendali alat rumah tangga, di antaranya lampu, kipas angin, menggunakan aplikasi smartphone yang berbasis Android.

Inovasi ini dipicu perkembangan teknologi terkini dengan semakin banyaknya alat-alat rumah tangga yang berbasis elektronik, namun untuk menghidupkan atau mematikan alat-alat rumah tangga tersebut terkadang masih harus manual.

Terutama ketika alat tersebut terletak jauh dari pengguna. Selain itu, alat ini diharapkan bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik, seperti pengguna kursi roda dan penyandang disabilitas lainnya.

“Saat ini, pintu rumah masih dibuka secara manual. Demikian pula lampu dan peralatan listrik lain seperti kipas angin, lampu, televisi, dan masih banyak lagi yang dinyalakan secara manual. Alat ini dibuat untuk memudahkan pengguna mengendalikan peralatan listrik tersebut, dengan sebuah aplikasi smartphone yang berbasis android dengan koneksi wireless,” papar Natanael.

Proses pengendalian dimulai dari perintah pengguna menggunakan suara yang diterima oleh smartphone Android yang sudah tertanam aplikasi. Aplikasi mengirimkan data ke router secara wireless. Router terhubung dengan modul AT Mega8, data yang diterima oleh modul AT Mega8 akan diproses oleh mikro kontroler untuk mengenali jenis perintah selanjutnya. Dan mikro kontroler akan mengendalikan driver sesuai dengan perintah-perintah yang dikenali (dari suara pengguna).

“Penangkap suara dari pengguna menggunakan smartphone yang berbasis Android dan telah ditanamkan aplikasi untuk sistem kontrol ini. Untuk sistem kontrol ini smartphone harus terkoneksi dengan wifi atau bluetooth yang juga terkoneksi dengan sistem Ardruino sebagai mikro kontroler alat-alat rumah tangga yang ada,“ ungkap Natanael pada suarasurabaya.net.

Dion sapan Natanael Octodion mengatakan bahwa dengan menggunakan AT Mega 8 dan Android pengguna mampu dengan mudah mengontrol alat-alat rumah tangga hanya dengan menggunakan suara melalui smartphone android yang digunakan.

Pengguna bahkan bisa melakukan pengontrolan dari tempat yang berbeda, misalnya dari kantor untuk barang-barang di rumah, asalkan ada wifi. Dion berharap ini akan sangat membantu terutama untuk mereka yang terbatas oleh tempat dan waktu.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs