Jumat, 17 Mei 2024

Perkuat Layanan Data, Telkom Perluas Jaringan WiFi

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Aris Dwi Cahyono General Manager Witel area Surabaya Madura, dan Sugiyanto Kepala Cabang Alfamart saat mendemokan proses pembelian Speddy Instan Elektrik di kasir Alfamart. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus berupaya memperkuat bisnis layanan data, dengan memperluas akses broadband lewat jaringan nirkabel atau WiFi.

Dengan semakin luasnya jaringan WiFi di Jawa Timur, khususnya di Surabaya diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mengaksesnya. Pihak Telkom juga memperluas jaringan Speddy Instan Elektrik di Jawa Timur dengan menggandeng retailshop di antaranya Alfamart.

Aris Dwi Cahyono General Manager Witel area Surabaya Madura mengatakan, dengan kerjasama ini, masyarakat mendapatkan altrrnatif baru untuk mengakses internet di titik-titik @wifi.id dengan Speedy Instan Elektrik, serta dengan mudah mendapatkan di gerai-gerai Alfamart.

“Kami memilih disatu gerai dulu untuk percontohan, ke depan kami akan ajak semua gerai Alfamart untuk bekerjasama,” kata Aris kepada wartawan, Selasa (16/12/2014) di Alfamart Jl. Diponegoro.

Dia menambahkan, hingga akhir November 2014 pengakses @wifi.id di Surabaya mencapai 600 ribu pengunjung, dimana 60 ribu di antaranya merupakan new user. “Dengan adanya kenaikan yang cukup cepat untuk jumlah pengguna ini, harus kami barengi dengan memperbanyak distribusi channel demi kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Dari pertambahan jumlah pengakses, kata Aris, 80 persen didominasi dengan melakukan akses melalui SPIN Card, dan sisanya dengan melalui SMS Tekomsel. Di Surabaya terdapat 200 titik @wifi.id dan 120 WiFi corner yang bisa diakses masyarakat. Ratusan titik WiFi tersebut tersebar di area publik, sekolah, perkantoran, dan beberapa titik lainnya.

“Dari ratusan titik WiFi yang ada, terdapat 3.000 akses point. Jadi misalnya disatu titik bisa ada 80 akses point,” kata dia.

Aris menambahkan, di Jawa Timur saat ini ada sekitar 1.500 titik @wifi.id, dan 921 WiFi corner yang bisa diakses oleh masyarakat. Dari ribuan titik tersebut, hingga akhir November tercatat 2 juta pengunjung memanfaatkannya.

“Untuk di Surabaya, tahun 2015 mendatang akan kami perbanyak lagi point aksesnya. Saat ini 3.000 akses point, mudah-mudahan tahun 2015 bisa mencapai 12 ribu akses point,” ujarnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Aris Dwi Cahyono General Manager Witel area Surabaya Madura, dan Sugiyanto Kepala Cabang Alfamart saat mendemokan proses pembelian Speddy Instan Elektrik di kasir Alfamart.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs