Jumat, 26 April 2024

Telkom Dukung Ekosistem Digital di Perguruan Tinggi Indonesia

Laporan oleh Triono
Bagikan

Telkom Indonesia kembali menunjukkan dukungannya kepada ekosistem digital di Perguruan Tinggi melalui program Indonesia Digital Campus (IndiCampus). Bertempat di ruang Brawijaya I & II Hotel Novotel Surabaya, Senin (10/11/2014).

Program IndiCampus itu diperkenalkan kepada 80 Perguruan Tinggi yang berasal dari kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Sebanyak 14 Perguruan Tinggi dari ketiga kota tersebut melakukan penandatanganan kontrak dengan Telkom yang diwakili oleh masing-masing Rektornya dengan Account Manager Telkom.

M Nasrun Ihsan General Manager Witel Sidoarjo mengatakan, pemanfaatan IndiCampus ini adalah hal yang menggembirakan dan bermanfaat bagi kampus beserta perangkatnya.

“Keberadaan kampus sangat penting bagi Center of Excellence. Tujuannya adalah membantu terpenuhinya prasyarat World Class Campus, di mana salah satu indikatornya adalah dapat menyediakan akses broadband minimal 5 kbps/mahasiswa”, katanya dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net.

Program IndiCampus memungkinkan kampus-kampus yang berlangganan akses internet premium secara kolektif dengan metode Bandwidth Connection Sharing yaitu pembelian bandwidth secara bulk untuk dibagi ke anggota Hub Kampus.

“Jadi, kampus-kampus dengan peserta Hub Kampus (dedicated campus) bisa mendapatkan akses internet broadband premium yang lebih hemat,” ujarnya.

IndiCampus akan mendeliver tiga konsep, yakni connectivity, content, dan community. Untuk connectivity, berupa penyediaan akses internet. content sebagai Sistem Informasi Akademik. Sedangkan community untuk memanfaatkan Digital-Innovation Lounge.

Sebelumnya, dari sebuah riset di Online CollegeUSA, aksesibilitas internet di Indonesia jauh lebih rendah dibanding Amerika Serikat. Aksesibilitas internet di perguruan tinggi paman Sam itu antara 100 Mbps hingga 500 Mbps. Sementara di Indonesia aksesibilitasnya rata-rata 30 Mbps.

“Inilah alasan Telkom memperkenalkan IndiCampus,” tambahnya.(ono/ipg)

Teks Foto :
– Victor R Hutapea GM Trading Business Service Telkom saat memaparkan program IndiCampus kepada Perguruan Tinggi.
Foto : Istimewa

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs