Selasa, 28 Mei 2024

Cek Daftar Pemilih Sementara Pilwali Bisa Lewat Aplikasi Android

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Aplikasi Android KPU Kota Surabaya. Kini masyarakat bisa mengecek Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui aplikasi ini. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Masyarakat Surabaya sekarang bisa mengecek apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih sementara Pilwali Kota Surabaya melalui aplikasi android.

Aplikasi bertajuk “KPU Kota Surabaya” ini sudah dapat didownload melalui smartphone dari Playstore Android.

Purnomo Satriyo Pringgodigdo Komisioner KPU Kota Surabaya mengatakan aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat Surabaya.

“Terutama untuk mengetahui apakah sudah terdaftar dalam DPS,” katanya kepada wartawan, Jumat (11/9/2015).

Purnomo menjelaskan, penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Di aplikasi tersebut ada beberapa pilihan menu, antara lain menu berita di KPU Kota Surabaya dan Media Center.

Sedangkan untuk mengecek DPS, masyarakat bisa mengeklik menu Cek Daftar Pemilih.

“Cukup memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP, nanti akan muncul status apakah sudah terdaftar atau belum,” ujarnya.

Selain mengecek DPS, masyarakat juga dapat melihat profil KPU Kota Surabaya dan dapat melakukan kontak dengan KPU Kota Surabaya melalui menu yang tersedia.

KPU Kota Surabaya mengklaim, aplikasi tersebut baru dikembangkan oleh KPU Kota Surabaya. KPU/KIP Aceh daerah lain belum ada yang punya.

Dengan adanya aplikasi ini, Purnomo mengimbau agar masyarakat yang belum terdata berperan aktif dengan melapor ke petugas PPS kelurahan masing-masing.

Hingga saat ini, jumlah DPS di Surabaya mencapai 2.069.246 pemilih yang terdiri antara lain 1.011.706 pemilih pria dan 1.057.540 pemilih wanita.

Masa perbaikan DPS akan dilakukan mulai 20 September hingga 25 September yang akan datang setelah ada masukan dan tanggapan dari masyarakat yang masuk sejak 10 hingga 19 September 2015.

Tidak hanya melalui Android, masyarakat juga bisa mengunduh aplikasi ini di www.data.kpu.go.id/dpsmobile.php. (den/ipg)

Teks Foto:
– Purnomo Satriyo Pringgodigdo Komisioner KPU Kota Surabaya menunjukkan aplikasi android.
Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
29o
Kurs