Minggu, 28 April 2024

Pepper, Robot Pertama yang Peka Perasaan Manusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pepper ber-selfie ria dengan seorang pengunjung. Foto: getty

Pepper, robot humanoid yang menurut perancangnya dapat mengenali dan menanggapi emosi manusia, mulai dijual di Jepang akhir pekan ini.

SoftBank, perusahaan penjual robot itu, berencana untuk merilis 1.000 robot Pepper setiap bulan. Robot tersebut akan dijual seharga 198.000 yen atau setara Rp21,4 juta dan bisa disewa seharga 1.500 yen (sekitar Rp162.000) per jam.

Profesor Noel Sharkey, seorang ahli robot, mengatakan strategi bisnis SoftBank itu “berisiko”.

Meskipun harga jualnya relatif murah bagi sebuah robot canggih, pembeli harus membayar biaya bulanan hingga 24.000 yen sekitar Rp 2.600.000 dan meneken kontrak hingga tiga tahun.

“SoftBank berharap menghasilkan uang dari aplikasi, namun itu beiesiko karena belum jelas apakah orang-orang akan membuat aplikasi-aplikasi itu,” kata Sharkey, dari University of Sheffield, Inggris, seperti dilansir BBC.

Terdapat 100 aplikasi siap diunduh pada peluncuran Pepper.

Robot-robot itu akan dibuat oleh FoxConn. Toko daring asal Cina, Alibaba, juga bergabung sebagai rekanan.

Kedua perusahaan itu akan menanam US$188 juta atau Rp 1,5 triliun pada divisi robotik SoftBank dan akan membeli 20% saham.

Belum ditetapkan tanggal peluncuran Pepper di luar Jepang, namun Masayoshi Son, kepala eksekutif SoftBank, mengatakan itu mungkin akan terjadi tahun depan.

Peka perasaan

Pepper bisa mengingat wajah dan diprogram untuk mengenali perasaan manusia.

“Dia tampak luar biasa, dan saya pikir mampu menyampaikan gerakan seperti manusia – namun fitur pendeteksian emosi manusia mungkin agak mengada-ada,” kata Sharkey.

“Saya juga merasa mereka memiliki estimasi berlebihan mengenai fungsi bicara juga. Percakapan dengan Pepper terasa sepihak, dan dia menanyakan terlalu banyak pertanyaan,” tambahnya.

Robot yang memiliki lebih dari 20 motor penggerak dan lengan-lengan dengan fungsi canggih itu dipasarkan sebagai robot rumah tangga, mampu membantu lansia atau sebuah keluarga.

Namun Sharkey tidak yakin robot itu akan laku di kalangan konsumen.

“Dia dikatakan bisa menjadi asisten, namun dia tidak bisa mengangkat apapun, jadi dia hanyalah sebuah pendamping dengan keterbatasan,” katanya.

Jumlah warga lanjut usia di Jepang kian meningkat dan pemerintah Jepang berniat menggunakan teknologi untuk menopang sektor kesehatan yang semakin terbebani.

Negara tersebut memang gencar meluncurkan inovasi di bidang robot. Pada Juli 2015 mendatang, misalnya, sebuah hotel di Kota Sasebo akan memperkerjakan sejumlah robot. Robot-robot itu akan menyambut tamu, mengangkat tas-tas, dan bahkan membersihkan kamar setelah tamu sudah pergi.(bbc/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs