Jumat, 17 Mei 2024

BPPT Ciptakan Alat untuk Hindari Kecelakaan Pesawat di Bandara

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Senggolan pesawat. Foto: Antara

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Elektronika menciptakan inovasi teknologi navigasi surveillance untuk pemantauan pesawat di bandara, kata Yudi Purwantoro Direktur Pusat Teknologi Elektronika BPPT.

“Teknologi ini mampu memantau pergerakan pesawat dan kendaraan bergerak lainnya di bandara, baik ketika pesawat sedang melakukan approach pendaratan, ketika sudah mendarat, maupun ketika bergerak di sekitar terminal,” kata Yudi sebagaiman dikutip Antara di Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Dia mengatakan teknologi baru ini bisa diterapkan untuk menghindari terjadinya senggolan bodi atau sayap antar pesawat seperti yang terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta beberapa waktu lalu.

Keunggulan teknologi dalam negeri buatan BPPT tersebut ialah harganya yang relatif lebih murah namun tidak mengorbankan kualitas teknologinya.

Alat navigasi ini dirancang dengan komponen yang mudah didapat di pasaran dan berbasis software open source atau perangkat lunak berbasis terbuka yang mempermudah pemeliharaan.

Yudi menyebutkan inovasi teknologi navigasi surveillance sudah masuk tahap purwarupa dan akan melakukan uji lapangan guna mendapatkan sertifikat. Dia berharap teknologi tersebut siap diaplikasikan setelah sertifikasi dan ada industri nasional yang melakukan komersialisasi.

“Semoga didukung pemangku kebijakan terkait, khususnya dalam hal regulasi. Selain itu juga ada industri nasional yang siap melakukan komersialisasi,” kata dia.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs