Kamis, 2 Mei 2024

Kominfo akan Beri Domain Gratis Bagi UMKM di Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Jawa Timur akan launching program satu juta domain gratis bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini akan fokus membantu pelaku UMKM untuk memiliki website produk secara mandiri.

“Jatim punya ribuan UMKM, dengan program ini para pelaku UMKM bisa meningkatkan daya jualnya tidak hanya secara tradisional melainkan juga bisa menjual secara online,” kata Eddy Santoso, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Selasa (5/4/2016).

Menurutnya, persyaratan UMKM untuk memiliki website, nantinya cukup mudah, hanya menyertakan surat izin usaha dan KTP, serta menyiapkan tiga nama domain sesuai jenis usahanya. “Nanti tiga nama domain ini akan kami pasang mana yang cocok. Kalau hanya satu nama domain khawatirnya sudah ada yang pakai,” ujarnya.

Program ini, kata Eddy akan segera dilaunching pada bulan Mei mendatang dengan target sebanyak 5.000 domain UMKM bisa tercapai hingga akhir 2016. “Target kita total UMKM di Jatim yang akan memiliki domain sebanyak 60 ribu,” kata dia.

Para pelaku UMKM yang akan mendapatkan prioritas nantinya adalah UMKM yang memiliki produk unggulan. Selain domain, Kominfo bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM juga akan membentuk tim yang akan mendampingi proses penjualan produk UMKM secara online. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs