Minggu, 5 Mei 2024

Kendalikan Benda Mekanis Melalui Pikiran di Geekfest 2017

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Seorang pengunjung mencoba alat Mindware yang bisa menggerakkan apa saja yang memiliki unsur mekanik termasuk mobil dan semua yang beraliran listrik di stand pameran Geek Festival 2017. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Teknologi masa depan yang dikendalikan oleh otak manusia benar-benar terwujud. Melalui alat Mindware, seseorang bisa mengendalikan benda mekanis melalui perintah otak atau Neurologic.

Panji Setiawan Mechatronic Engeneer Augmented Reality and Co mengatakan, alat Mindware bisa menggerakkan apa saja yang memiliki unsur mekanik termasuk mobil dan semua yang beraliran listrik.

Di stand pameran Geek Festival 2017 di Siola Jl Tunjungan Surabaya, Sabtu (20/5/2017), alat ini mendapat respon luar biasa dari pengunjung.

Para pengunjung juga menjajal langsung Mindware yang dipasangkan di kepala. Dengan membayangkan pada fokus benda yang akan diperintah, alat ini akan bekerja. Kebetulan sampel yang digunakan adalah mobil-mobilan yang begitu diperintah maju maka beberapa detik kemudian mobil-mobilan itu langsung bergerak maju.

“Pengguna pokoknya konsentrasi dan relaks. Alat seperti ini juga bisa menggerakkan mobil beneran dan mematikan dan menghidupkan lampu,” katanya.

Mindware merupakan hasil produk kreatif teknologi yang dipamerkan di Geekfest 2017. Masih banyak lagi alat-alat teknologi lainnya yang bernuansa masa depan.

Sekadar diketahui, Geekfest 2017 ini akan berlangsung sampai besok Minggu (21/5/2017) sekaligus berkolaborasi dengan Surabaya Urban Culture Festival 2017 yang akan dibuka resmi oleh Tri Rismaharini Walikota Surabaya besok. (bid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs