Minggu, 28 April 2024

Menkominfo Bertemu Pejabat Twitter Bahas Konten Negatif

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika. Foto: Antara

Rudiantara Menteri Komunikasi dan Infromatika dan Kathleen Reen Direktur Kebijakan Publik Twitter untuk Asia Pasifik bertemu di Jakarta, Senin (20/2/2017).

Keduanya membahas sejumlah masalah termasuk berita palsu, akun palsu, serta ujaran kebencian, suku ras dan antar-golongan, terorisme dan kekerasan di media sosial Twitter.

“Kominfo dan Twitter mempunyai keprihatinan yang sama atas permasalahan yang muncul di sosmed, terutama terkait dengan aktivitas teroris, akun palsu di sosial media, konten-konten yang berbau SARA, kekerasan dan perilaku kasar,” kata Samuel A Pangerapan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada wartawan usai pertemuan itu.

Berkenaan akun palsu, Samuel menjelaskan, Twitter dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mendorong para pengguna melakukan verifikasi akun di Twitter. Akun yang telah terverifikasi nantinya akan ditandai dengan tanda centang warna biru.

Sebelumnya metode itu juga digunakan untuk para pesohor di Twitter supaya akun mereka tidak dipalsukan atau diakui oleh orang lain. Kementerian dan Twitter juga sepakat bekerja sama dalam hal literasi digital.

Samuel mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut, jumlah akun Twitter aktif di Indonesia mencapai 35 juta.

Aturan Dalam Negeri

Samuel mengatakan Twitter harus memahami hukum di Indonesia, terutama terkait dengan konten yang disiarkan.

Indonesia, kata dia, memiliki aturan-aturan seperti undang-undang tentang informasi dan transaksi elektronik dan undang-undang tentang pornografi.

“Kita menyamakan, belum tentu melanggar di kita, batasannya sama dengan mereka, ini sebenarnya perlu mencapai suatu kesepakatan, makanya kita akan bekerja sama lebih dekat memahami konten konteks,” katanya.

Samuel mengatakan pertemuan itu juga ditujukan untuk meningkatkan layanan Twitter. Menurut dia, Twitter sepakat mempercepat respons dalam menangani konten-konten negatif.(ant/den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs