Selasa, 28 Mei 2024

Pameran Intellectual Party Tampilkan Karya Visioner

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perancangan Alat Angkut Tabung LPG 3Kg karya Julius Mulyono, MT., dari Fakultas Teknik UKWMS. Foto: Totok suarasurabaya.net

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya LPPM UKWMS, menyuguhkan karya inovasi dan penelitian mereka dalam Gelar Karya; Intellectual Party, yang diharapkan agar masyarakat dan khalayak umum lebih mengenal kepribadian UKWMS yang tercermin dari karya-karya yang dipamerkan itu.

Intellectual Party sengaja dipilih untuk meyakinkan para dosen dan mahasiswa bahwa suatu penelitian dapat dilakukan dengan serius tetapi juga tetap fun alias seru dan menyenangkan.

“Gelar Karya ini meliputi Talkshow Manusia Hidup Lestari Melalui Etika Pangan, sandiwara role-play yang mengemas proses dan hasil penelitian dalam bentuk drama menarik, seminar, serta pameran karya inovasi,” terang Hartono Pranjoto Ph.D., Ketua LPPM UKWMS.

Rabu (17/5/2017) pada sebuah pementasan sandiwara ditampilkan tiga lansia yang memiliki kondisi yang berbeda-beda dan dirawat oleh tiga caregiver yang memiliki respon berbeda-beda pula.

Setelah pertunjukan berakhir, diceritakan bahwa ide ini diambil dari salah satu penelitian dosen Fakultas Keperawatan UKMWS. “Saya menangkap role play ini mengajarkan bagaimana cara keluarga dapat merawat lansia, bisa sebagai anak maupun menantu,” papar Henny satu diantara peserta acara.

Pada kondisi nyata ada 3 kondisi yang paling banyak dialami kaum lansia yaitu: lansia pikun, lansia dengan gangguan pendengaran dan lansia yang bosan harus menjaga makanan.

Sementara itu, stand pameran digelar menampilkan sejumlah inovasi karya para dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan.

Diantaranya adalah: Perancangan Alat Angkut Tabung LPG 3Kg, Sistem Hybrid Solar Panel dan Kincir Angin sebagai Penghemat Pemakaian Listrik Rumah Tangga dengan daya 2200 watt karya Albert Gunadhi, MT., dan Julius Mulyono, MT., dari Fakultas Teknik.

Adapula Rancang Bangun Alat Pemroses Gula Cair dari Ubi Singkong untuk Industri Kecil Menengah karya Ig. Jaka Mulyana, L.M Hadi Santosa dan Yuliati yang juga berasal dari Fakultas Teknik.

Selain itu masih banyak pula produk-produk inovasi dari bidang Teknologi Pangan maupun Farmasi yang dapat dicicipi langsung oleh pengunjung pameran.

Sasaran peserta kegiatan ini, diantaranya guru-guru SMU, para pegiat Human Resources Development (HRD), para pelaku UMKM, Pemerintah Kota/Dinas terkait, PSE, anggota APTIK, serta umat se-Keuskupan Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
28o
Kurs