Rabu, 8 Mei 2024

Pelajar SD-SMP di Surabaya Bakal Miliki Kartu Pelajar Berbasis M-Banking

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Contoh kartu pelajar bagi siswa SD-SMP yang akan dikeluarkan BNI. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Bank Negara Indonesia (BNI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya membuat kartu pelajar berbasis mobile banking (m-banking) atau Student Smart Card untuk pelajar sekolah dasar dan menengah pertama.

Slamet Djumantoro CEO BNI Kantor Wilayah Surabaya mengatakan, kartu pelajar ini akan dilaunching secara resmi pada 17 Agustus sebanyak 3.000 kartu untuk awal sosialisasi. Nantinya, kartu ini akan mengcover seluruh pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya sebanyak 400 ribu kartu.

Slamet mengatakan, di dalam kartu pelajar ini akan memuat banyak data-data siswa mulai NIK dan absensi siswa. Kartu ini juga bisa menjadi alat pembayaran dan ATM.

Program ini kata Slamet, memang ditujukan kepada generasi millennial yang mengedepankan teknologi. Program ini juga bagian dari gerakan nasional non tunai.

“Mulai sejak SD sampai SMP diajari menggunakan uang elektronik. Kartu ini juga bisa untuk absensi, untuk narik uang juga bisa sekaligus mengajak siswa untuk menabung,” kata Slamet (10/8/2017).

Slamet mengatakan, untuk keamanan perbankan bagi siswa, bank BNI membatasi transaksi maksimal Rp1 juta setiap bulan dalam kartu pelajar ini.

“Kalau ATM biasa perhari Rp10 juta perhari. Kalau ini misalnya bisa diatur Rp1 juta perbulan. Jadi orang tua tidak khawatir,” katanya.

Sementara, M Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengatakan, kartu pelajar ini bisa memudahkan siswa untuk transaksi maupun menerima bantuan dan beasiswa. Kartu juga bisa digunakan untuk masuk kolam renang khusus pelajar yang akan dibangun Pemkot Surabaya.

“Selain untuk absensi, kartu ini bisa untuk transaksi non cash. Misalnya ketika belanja di kantin sekolah bisa tinggal gesek. Kemudian ada Diskon buku bisa digunakan khusus pemegang kartu,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs