Jumat, 3 Mei 2024

Cara Mengatasi Pencurian Jaringan Wi-Fi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Ada banyak alasan mengapa koneksi Wi-Fi yang sedang terhubung ke perangkat kamu tiba-tiba berjalan dengan lambat.

Satu di antara yang paling sering terjadi, Internet Service Provider (ISP) sedang mengalami masalah atau ada yang menggunakan jaringan Wi-Fi-mu tanpa izin.

Pada kenyataannya, tak ada salahnya bagi kamu untuk selalu melakukan pengecekan router, untuk melihat apakah ada seseorang yang ‘mencuri’ jaringan Wi-Fi kamu dengan seenaknya.

Untuk diketahui, kamu bisa tahu siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kamu. Demikian juga kamu bisa memblokir pencuri WiFi tersebut dengan aplikasi Block Wi-Fi Freeloader.

Seperti apa caranya, berikut seperti dikutip dari Liputan6.com?

1. Unduh dan install aplikasi Block Wi-Fi Freeloader yang bisa kamu cari di Google Play Store.

2. Setelah terpasang di perangkat Android, pastikan perangkat kamu terhubung dengan Wi-Fi. Jika sudah, buka aplikasi itu.

3. Di tampilan awal, otomatis akan muncul nama Wi-Fi kamu dan perangkat apa saja yang terhubung dengannya. Kamu bisa klik “Rescan” untuk memastikan apakah ada perangkat yang terdeteksi.

4. Selanjutnya, kamu bisa mengubah status perangkat yang terhubung. “Known” merupakan perangkat yang dikenal (mungkin milik keluarga atau teman kamu).

5. Jika melihat perangkat yang tak dikenal, kamu bisa ubah statusnya menjadi “Stranger” dengan masuk ke Router Manager -> Pilih Block.

Dengan begini, perangkat asing tersebut pun sudah tidak bisa lagi terhubung dengan jaringan WiFi kamu. Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba!(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs