Senin, 29 April 2024

Industri Radio Asia Mulai Beranjak ke Tayangan Visual

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Beberapa stan Exhibition ConnecTech Asia 2018 di Suntec City Singapura, memamerkan teknologi terbaru yang juga memungkinkan wajah penelepon ikut tampil, layaknya video call bersama sang penyiar, Rabu (27/6/2018). Foto: Ika suarasurabaya.net

Industri radio di Asia, yang pada umumnya hanya menyajikan siaran audio, perlahan tapi pasti, mulai menjajaki tayangan visual. Bukan beralih menjadi televisi tetapi visual radio.

Pendengar yang sedang berada di mana saja, bisa menonton sang penyiar kesayangan yang sedang berinteraksi di dalam ruang siaran.

Berdasarkan pengamatan suarasurabaya.net, beberapa stan Exhibition ConnecTech Asia 2018 di Suntec City Singapura, memamerkan teknologi terbaru yang juga memungkinkan wajah penelepon ikut tampil, layaknya video call bersama sang penyiar. Termasuk menampilkan video live report dari reporter radio.

Brian Ong Marketing Manager Broadcast Communication International menjelaskan, visual radio sepenuhnya bergantung pada koneksi internet.

“Sayangnya teknologi ini masih belum bisa digunakan sepenuhnya di Indonesia. Jaringannya internet yang belum stabil dan merata,” ujar Brian di Singapura, Selasa (27/6/2018).

Perlu diketahui, sejak beberapa bulan yang lalu, pendengar Radio Suara Surabaya telah dapat menikmati visual radio melalui aplikasi Suara Surabaya Mobile.

ConnecTech Asia 2018 adalah ajang pertemuan para pelaku industri media elektronik dan telekomunikasi se-Asia. Acara yang terdiri dari kelas-kelas pertemuan dan pameran ini digelar di Marina Bay Sands dan Suntec pada 26-28 Juni 2018.(iss/tna)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs