Kamis, 25 April 2024

Perangkat Rumah Pintar Juga Bisa Terserang Malware Hacker

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, Peretas atau Hacker. Foto: pixabay.com

Tidak hanya komputer, perangkat rumah pintar atau smart home device yang terhubung ke internet juga dapat dimanfaatkan peretas untuk melakukan serangan.

Seperti dikutip dari Antara, infeksi terhadap peralatan pintar ini biasanya disebut Mirai Internet of Things Bot.

“Peretas akan memindai internet untuk melihat perangkat apa saja yang tersambung ke internet. Lalu dia akan identifikasi apa perangkat tersebut,” kata Andris Masengi Country Manager Symantec Indonesia, saat pemaparan Internet Security Threat Report Volume 23 di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Peretas sudah memiliki rangkaian kombinasi nama pengguna berikut kata sandi untuk masing-masing merk peralatan pintar, mereka akan mencoba setiap kombinasi untuk mendapatkan akses ke sistem perangkat.

Ketika berhasil masuk, mereka akan memasang malware tersebut. Dari jauh, peretas akan mengendalikan perangkat untuk menyerang sebuah website secara bertubi-tubi hingga server situs tersebut down karena tidak dapat menampung traffic.

“Untuk perangkat pintar itu, tidak ada efek langsung,” kata Andris.

Perangkat yang diretas pun dapat beragam mulai dari kamera pengintai (CCTV) hingga pengeras suara, apa pun yang terhubung ke internet.

Agar perangkat rumah tidak dimanfaatkan peretas, sebaiknya segera ganti nama pengguna dan kata sandi bawaan saat membeli dengan yang baru. Pastikan juga tidak menggunakan kata kunci yang mudah ditebak, misalnya angka berurutan 1,2,3, dan 4. (ant/ino/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs