Sabtu, 4 Mei 2024

Sumbang Penyebaran Hoaks, Fitur Trending Facebook Dihapus

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Logo Facebook di kantor Facebook Indonesia, di Jakarta. Foto: Antara

Facebook Inc akan menghapus fitur Trending dari platform media sosial mereka. Keputusan ini diambil agar pengguna Facebook mendapatkan berita dari sumber yang berkualitas dan terpercaya.

Fitur Trending di Facebook sendiri adalah fitur yang memuat kumpulan berita yang sedang populer di platform tersebut. Dilansir dari laman Reuters, Trending menyumbang rata-rata 1,5 persen klik ke penyedia berita.

Namun, yang terjadi saat ini Trending malah menjadi fitur yang banyak digunakan orang yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan berita palsu. Oleh karena itu, Facebook akan menguji coba cara baru untuk menampilkan berita. Termasuk label breaking news dan berita hari ini, yang akan diisi artikel dari media lokal.

Antara melansir, kualitas berita yang masuk ke Facebook dipertanyakan setelah mereka diduga menjadi tempat penyebaran propaganda dari Rusia maupun berita palsu lainnya. Termasuk soal kampanye Pilpres 2016 Amerika Serikat yang menuai banyak kontroversi.

Sebelum menghapus fitur Trending, Facebook selama beberapa tahun ini mengubah kebijakan di fitur tersebut agar tidak bias ideologi dan politik.(ant/tna/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs